Berita Jogja Hari Ini

Serunya Nikah Massal di Momen Perayaan HUT ke-77 RI, 4 Pasangan Berdandan ala Pejuang Kemerdekaan

Agenda nikah massal tersebut dilangsungkan oleh Forum Ta'aruf Indonesia (FORTAIS) untuk memperingati momen HUT ke-77 RI

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/Azka Ramadhan
Salah satu pasangan peserta nikah massal saat mengikuti lomba makan kerupuk, di Balai RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Minggu (7/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Suasana Balai RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, tampak lebih ramai dari biasanya, Minggu (7/8/2022) pagi.

Bukan keramaian biasa tentunya, karena terlihat empat pasang pengantin berjajar, lengkap dengan dekorasi bernuansa perjuangan.

Agenda nikah massal tersebut dilangsungkan oleh Forum Ta'aruf Indonesia (FORTAIS) yang bersinergi dengan Pemkot Yogyakarta untuk memperingati momen HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Menjadi menarik, karena pengantin didandani ala deretan pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Keempat mempelai satu per satu dinikahkan di atas mobil perpustakaan keliling (Perpusling) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta.

Tak berhenti sampai di situ, selain seperangkat alat salat, buku sejarah perjuangan pun turut dijadikan mas kawin oleh para pengantin.

Sebagai informasi, sebelum menjalani proses pernikahan, keempat mempelai tersebut menemukan tambatan hatinya lewat agenda 'Golek Garwa', atau pencarian jodoh yang juga digelar FORTAIS.

Dari ratusan peserta, empat pasangan ini lah yang beruntung, hingga berlabuh di pelaminan.

Suwardi (48), warga Semaki, Umbulharjo, pun tidak bisa menyembunyikan rasa bahagianya seusai mempersunting Erni Widiyanti (43), warga Notoprajan, Ngampilan.

Di usia yang sudah cenderung matang, keduanya akhirnya dapat bernapas lega setelah sah jadi pasangan suami istri.

Dalam satu tarikan napas, Suwardi tanpa ragu melafalkan akad untuk menikahi pujaan hatinya tersebut.

Meski digelar secara massal, pernikahan bergulir khidmat.

Bahkan, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya pun turut diundang dan menjadi saksi pernikahan bagi keempat mempelai.

"Alhamdulillah sudah dihalalkan, karena niatnya kan kita ibadah, ya. Bersyukur banget, hari kemerdekaan tahun ini diperingati dengan pernikahan," ucap Suwardi yang tampil dengan busana safari khas Proklamator Soekarno.

Suwardi, seorang peserta nikah massal saat menjalani proses ijab qabul, di Balai RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Minggu (7/8/2022).
Suwardi, seorang peserta nikah massal saat menjalani proses ijab qabul, di Balai RW 13 Malangan, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Minggu (7/8/2022). (Tribun Jogja/Azka Ramadhan)
Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved