YDKK Bantu Operasi Gratis untuk 346 Penderita Katarak di Lombok Timur 

Operasi katarak gratis tersebut berlangsung di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lombok Timur di Labuan Haji

ist
Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) bersama Kementerian Sosial menggelar operasi katarak gratis di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 31 Juli-1 Agustus 2022 

TRIBUNJOGJA.COM – Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) bersama Kementerian Sosial menggelar operasi katarak gratis di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, 31 Juli-1 Agustus 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan dari donasi pembaca harian Kompas diharapkan bisa membantu masyarakat yang selama ini mengalami gangguan penglihatan. 

Operasi katarak gratis tersebut berlangsung di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lombok Timur di Labuan Haji.

Operasi dilakukan oleh tim dokter dari Rumah Sakit Mata Provinsi NTB didukung tim UPTD RSUD Lombok Timur.

Kegiatan operasi katarak gratis selama dua hari itu diikuti total 346 orang.

Mereka berasal dari sejumlah wilayah di Lombok Timur. Pada hari pertama, 225 orang dioperasi. Lalu, 121 dijadwalkan pada hari kedua. 

Sejak pagi, pasien yang sebagian besar warga lanjut usia telah datang ke lokasi. Mereka diantar langsung oleh puskesmas di daerah masing-masing sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Hari pertama, operasi berlangsung dalam beberapa sesi, mulai sekitar pukul 07.30 Wita hingga 19.30 Wita.

Para pasien yang juga didampingi keluarga terlihat antusias.

”Bapak sudah katarak sejak setahun terakhir dan kesulitan melihat. Makanya, ketika mengetahui ada operasi katarak gratis dan namanya terdaftar, beliau tidak sabar. Menanyakan ini terus,” kata Eli Ismayani (31), warga yang mendampingi Wildan (61), ayahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved