Polisi Tembak Polisi

Update Kasus Kematian Brigadir J: Irjen Ferdy Sambo Tiba di Jakarta Kamis, Istri Datang Jumat

Komnas HAM menemukan fakta baru terkait kasus kematian Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
adiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo datangi gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (4/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Komnas HAM menemukan fakta baru terkait kasus kematian Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Bukti baru inipun mematahkan kronologi yang sebelumnya menyebutkan kalau Irjen Ferdy Sambo dan rombongan datang bersamaan dengan rombongan Brigadir J.

Bukti baru ini menunjukkan bahwa Irjen Ferdy Sambo tiba sehari lebih awal di Jakarta dari rombongan Brigadir J, Bharada E, dan istrinya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dalam pemberitaan Kompas.com yang berjudul "Petunjuk Baru Kasus Brigadir J: Bukti Ferdy Sambo Tiba Lebih Awal di Jakarta hingga Polisi yang Ambil CCTV Rusak".

"Awalnya kan kita kira sama harinya. Tapi ternyata setelah kita telusuri, kita dapat bukti yang lebih baru. Bukti terbaru itu menunjukkan pulangnya (Ferdy Sambo) satu hari sebelumnya dengan pesawat," kata Ahmad Taufan Damanik saat ditemui di kantor Komnas HAM, Kamis (4/8/2022).

Taufan mengungkapkan Irjen Ferdy Sambo tiba di Jakarta pada Kamis (7/7/2022) setelah merayakan peringatan hari pernikahannya dengan sang istri di Magelang, Jawa Tengah.

Sementara, istri Sambo, Putri Candrawathi, baru tiba di ibu kota pada Jumat (8/7/2022).

Dia kembali bersama rombongan, termasuk Brigadir J dan Bharada E.

"Yang kami dapatkan tanggal 7 (Juli) pagi, yang pasti (Sambo dan istri) tidak bersama seperti yang selama ini seolah mereka satu rombongan, itu clear," ujar Taufan.

Taufan mengatakan, bukti baru itu dikumpulkan Komnas HAM dari foto-foto kegiatan Sambo bersama istri dan para ajudannya di Magelang.

Dari foto tersebut, terlihat seolah tidak terjadi persoalan apa pun sampai rombongan tiba di Jakarta.

"Di Magelang tidak terlihat ada masalah apa-apa, mereka rombongan mobil berangkat baik-baik saja, ter-cover semua dalam CCTV," kata Taufan.

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Copot Irjen Ferdy Sambo dari Kadiv Propam Polri

Baca juga: Hampir Sebulan Tak Muncul ke Publik, Irjen Ferdy Sambo Akhirnya Angkat Bicara Soal Kasus Brigadir J

Kronologi awal polisi

Kasus kematian Brigadir J pertama kali diungkap pihak kepolisian pada Senin (11/7/2022).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved