Piala Raja Sprint Rally

Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran II Segera Digelar, Catat Jadwal Pelaksanaannya

Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran II akan segera digelar di Donokerto Jogja Rally Course, Turi, Sleman, Sabtu dan Minggu, 13-14 Agustus 2022

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Pebalap muda sekaligus inisiator Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo (kiri) menyerahkan potongan tumpeng menandai segera dilaksanakannya Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran II pada 13-14 Agustus 2022 mendatang, Jumat (5/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran II akan segera digelar di Donokerto Jogja Rally Course, Turi, Sleman, Sabtu dan Minggu, 13-14 Agustus 2022 mendatang.

Diinisiasi oleh Gumregah Jogja Motorsports yang bekerjasama dengan STIE Mitra Indonesia Racing Team, event balap bergengsi ini merupakan lanjutan dari putaran pertama yang sukses digelar pada Mei 2022 lalu.

Ketua Penyelenggara Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, Yuda Mahesa Sidharta mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 70 team sprint rally dari berbagai kota di Indonesia ambil bagian pada event kali ini.

Baca juga: Sebanyak 1,1 Juta Warga di DI Yogyakarta Sudah Jalani Vaksinasi Booster

Di samping itu, Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 bakal berkolaborasi dengan 20 UMKM dan kelompok pegiat wisata dari Kalurahan Wonokerto dan Donokerto, Turi, Sleman.

"Semangat pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam konsep sport tourism di event Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 ini bertujuan untuk menghidupkan ekosistem otomotif khususnya dunia sprint rally di yogyakarta yang bersinergi dengan sektor-sektor ekonomi kreatif lainnya seperti UMKM dan pariwisata. Dengan digelarnya event ini panitia pelaksana berharap berdampak positif pada berbagai sektor ekonomi khususnya masyarakat di Kapanewon Turi, Sleman terlebih di masa-masa bangkit dari pandemi Covid-19," ujar Yuda Mahesa Sidharta, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut ia memaparkan, sebanyak 16 kelas seeded dan non seeded akan diperlombakan di Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran II ini.

"Point atau pencapaian nilai para peserta akan diakumulasikan hingga putaran III pada Oktober 2022 mendatang untuk memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X," jelasnya.

Pebalap muda sekaligus inisiator Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo menjelaskan bahwa kejuaraan balap itu ditujukan sebagai wadah pembinaan pembalap muda di bidang sprint rally yang ada di DIY.

Selain untuk berkompetisi, lanjut Marrel, ajang balap tersebut juga dijadikan sebagai sarana agar hubungan dan komunikasi pembalap menjadi lebih dekat.

Sederet nama-nama sprinter rally ternama dari Yogyakarta, Jawa Timur, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah juga dipastikan akan ambil bagian memacu mobil terbaik mereka di Donokerto Jogja Rally Course, Turi, Sleman.

"Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 ini diharapkan dapat menghidupkan ekosistem khususnya rally di Yogyakarta, memberi ruang pebalap muda. Hal tersebut dibuktikan dengan dibukanya kelas khusus U23 yang pada putaran pertama lalu cukup diminati," ujar Marrell.

Baca juga: Robot Bikers Prajurit Jogja Mejeng di Djogjantique Day, Hasil Daur Ulang 3 Motor Bekas

"Di samping itu, Piala Raja Sprint Rally 2022 ini juga diharapkan memberi dampak yang lebih besar, terutama dengan kami mengusung semangat pemberdayaan masyarakat. Dengan melibatkan UMKM serta masyarakat setempat, harapannya event ini memberikan dampak positif multisektoral," tambah dia.

Sebagaimana pada putaran I yang lalu, Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 putaran 2 juga bakal disiarkan langsung secara streaming melalui kanal Youtube Piala Raja Sprint Rally Yogyakarta.

Gumregah Jogja Motorsports sebagai penyelenggara Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 turut mengucapkan terimakasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah DI Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kapanewon Turi, Kalurahan Donokerto, Kalurahan Wonokerto serta para sponsorship dari Bank BPD DIY, Bakpia Juwara Satoe, GT Radials, Obelix Hills, Artotel Suite Bianti, Baley & Barrel, Komunitas Rally Yogyakarta serta Tribun Jogja sebagai media partner. (Han)
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved