Kompas Travel Fair, Kembalikan Semangat Berwisata

ompas Travel Fair (KTF) Powered by Livin’ by Mandiri akan digelar kembali tahun ini pada 9–11 September di Plenary Hall.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Launching Kompas Travel Fair 2022 

TRIBUNJOGJA.COM - Kompas Travel Fair (KTF) Powered by Livin’ by Mandiri akan digelar kembali tahun ini pada 9–11 September di Plenary Hall dan area lobi utama Jakarta Convention Center (JCC).

Mengusung tagline “(Re)Start Your Journey”, ajang yang menghadirkan beragam pilihan destinasi dan penunjang perjalanan ini mendorong masyarakat untuk mulai berwisata lagi.

Harian Kompas bersama Bank Mandiri meluncurkan KTF 2022 pada Jumat, 5 Agustus 2022 di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta.

Peluncuran KTF 2022 yang dihadiri berbagai penyedia jasa dan pelaku industri perjalanan ini menunjukkan optimisme akan pemulihan industri pariwisata.

Setelah dua tahun pandemi, industri pariwisata kini bergeliat kembali.

Laporan Barometer Pariwisata Dunia yang dirilis UNWTO pada 6 Juni 2022 menyebutkan, destinasi-destinasi di seluruh dunia menerima kedatangan internasional hampir 3 kali lipat lebih banyak pada triwulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021, dari 41 juta pada tahun lalu menjadi 117 juta tahun ini.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari–Mei 2022 melalui pintu masuk utama mencapai 397,77 ribu kunjungan. Angka ini naik 616,4 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2021.

Di Indonesia, tren kembalinya gairah untuk berwisata juga tampak dari peningkatan jumlah penumpang angkutan di berbagai moda, salah satunya angkutan udara.

Data BPS menyebutkan, jumlah penumpang angkutan udara domestik yang berangkat pada Mei 2022 mencapai 5,3 juta orang, naik sekitar 40 persen dibandingkan April 2022. Sementara itu, jumlah penumpang tujuan luar negeri (internasional) pada periode yang sama naik sekitar 61 persen menjadi hampir 473 orang.

Bank Mandiri sebagai partner

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved