Berita Klaten Hari Ini

Bupati Klaten Sri Mulyani Dorong Rintisan Museum Daerah, Ini Calon Lokasinya

Pelaksanaan pralaunching museum daerah itu juga telah dilakukan, ditandai dengan adanya penandatanganan prasasti pralaunching museum

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Seorang pengunjung saat melihat Wayang Sadat di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Kamis (4/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani, mendorong pengembangan rintisan museum daerah Klaten untuk menyimpan, merawat dan mengenalkan potensi-potensi daerah itu ke para pengunjung.

Pelaksanaan pralaunching museum daerah itu juga telah dilakukan, ditandai dengan adanya penandatanganan prasasti pralaunching museum, Kamis (4/8/2022).

"Banyak benda cagar budaya yang dktemukan di Klaten, perlu dijaga dan dilestarikan," ucapnya.

Ia mengatakan, selama ini pihaknya terkendala karena belum adanya gedung yang cukup representatif untuk dijadikan museum daerah.

"Untuk gedung memadai belum ada, tapi kita ada gedung di Prambanan yang bisa digunakan dan nanti kita lihat ke depannya antusias warga bagaimana," ulasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho mengatakan selama ini rintisan museum daerah Klaten menempati gedung galeri seni di kompleks Monumen Juang 45 Klaten.

"Kita melakukan pengembangan secara bertahap, kalau SK soal pendirian museum daerah dari gubernur kita sudah terima, sejak tahun 2021," ucapnya.

Ia menjelaskan, saat ini koleksi yang dimiliki Museum Daerah Klaten terdapat sekitar 50 benda-benda bersejarah.

Benda-benda itu, berupa nampan, patung, batu yoni, batuan candi, batuan motif, hingga prasasti yang saat ini disimpan di museum milik Pemkab Klaten tersebut.

Kemudian, ia juga menyebut ke depannya direncanakan museum daerah Klaten bakal menempati Gedung Mandala Wisata yang berada di Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan.

Namun saat ini masih dilakukan kajian lebih lanjut terkait tingkat animo masyarakat untuk berkunjung ke museum dan penambahan koleksi museum. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved