Berita Bisnis Terkini

9 Gerai di Kawasan Tugu Malioboro YIA Tersertifikasi Laik Hygiene Sanitasi

Di gerai-gerai itu juga telah terpasang stiker dan masuk dalam daftar aplikasi gerakan Masyarakat pangan aman sehat (Germas PAS).

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Petugas dari KKP Kelas III Yogyakarta menempelkan stiker SLHS di gerai makanan dan minuman yang terdapat di Kawasan Tugu Malioboro YIA, Kamis (4/8/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak sembilan gerai makanan dan minuman di Kawasan Tugu Malioboro Yogyakarta International Airport ( YIA ), Kabupaten Kulon Progo memperoleh sertifikasi laik hygiene sanitasi (SLHS) dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Kelas III Yogyakarta. 

Penyerahan sertifikat dilakukan pada Kamis (4/8/2022) kemarin. 

Kepala KKP Kelas III Yogyakarta, Wisnu Trianggono mengatakan penilaian ini implementasi dari peraturan menteri kesehatan (Permenkes) Nomor 14 Tahun 2021 tentang standar kegiatan usaha dan produk penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko sektor kesehatan. 

Baca juga: AP 1 Kembali Buka Layanan Vaksinasi di YIA bagi Penumpang dan Masyarakat Umum

Serta Permenkes Nomor 44 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan pelabuhan dan bandar udara sehat pasal 9 ayat 1.

Satu di antara poinnya, penilaian dalam pengawasan makanan yaitu sertifikat lain hygiene sanitasi pada tempat pengolahan pangan. 

Adapun kesembilan gerai yang dilakukan penilaian di antaranya Waroeng Toegoe, Gudeg Yu Djum, Malio Terrace, Angkringan KTM, Kedjora Coffee, Halla Coffee, Depot makan dan oleh oleh Bu SPA, Bakso Benhil, dan Roti’O. Sedangkan Galeri Belik sedang dalam proses penerbitan sertifikat.

Di gerai-gerai itu juga telah terpasang stiker dan masuk dalam daftar aplikasi gerakan Masyarakat pangan aman sehat (Germas PAS).

Selain itu, program ini sebagai bentuk dukungan kami kepada operasional YIA. 

Baca juga: Rute Perdana Pelita Air di Bandara YIA Kulonprogo, Layani 7 Kali Penerbangan dalam Sepekan

"Selamat bagi gerai-gerai yang telah bersertifikat dan berstiker. Karena telah melalui beberapa tahapan untuk memastikan sajian makanan, gerai, sanitasi hingga personil yang bertugas dapat dinyatakan sehat, bersih dan aman," kata Wisnu dalam keterangan tertulisnya. 

Sementara itu, General Manager Bandara YIA , Agus Pandu Purnama mengatakan hal ini menjadikan YIA sebagai bandara percontohan yang memiliki lingkungan sehat bagi para penumpang dan pengguna jasa yang memanfaatkan gerai di YIA

"Bagi pengguna jasa yang melihat SLHS di gerai merupakan jaminan dari Kemenkes melalui KKP bahwa makanan yang disajikan sehat dan layak dikonsumsi," ucapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved