Berita Klaten Hari Ini

Melihat Gading Gajah Purba Sepanjang 4 Meter di Gedung Sunan Pandanaran Klaten

Gading gajah purba itu ditemukan oleh seorang warga tertimbun di dalan tanah di daerah Patiayam, Desa Terban, Kudus, Jawa Tengah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah pelajar saat melihat replika gading gajah purba yang dipamerkan di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Kamis (4/8/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Arif Wahyu (17), seorang pelajar SMK di Kabupaten Klaten, melongo saat melihat gading gajah purba sepanjang 3,8 meter yang terpampang di depannya.

Arif sebelumnya tak pernah mengira, bahwa di masa lampau pernah ada gajah purba yang memiliki ukuran gading hingga nyaris 4 meter atau dua kali ukuran tinggi manusia dewasa.

Ia bersama teman-temannya, melihat itu di Gedung pertemuan Sunan Pandanaran, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pagi menjelang siang di gedung pertemuan tersebut, sedang berlangsung pembukaan pameran keliling, Museum Dolan Klaten yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jawa Tengah.

Pameran keliling itu dilaksanakan 4-8 Agustus 2022 dengan melibatkan sejumlah museum yang ada di Jawa Tengah seperti, Museum Ranggawarsita, Museum BPK RI Magelang, Museum Kambang Putih Tuban, Museum Samudra Raksa, BPCB Jawa Tengah, Omah Wayang Klaten, Museum Daerah Klaten dan banyak lainnya.

"Saya baru pertama kali lihat gading ini. Luar biasa, ukurannya panjang dan besar, enggak terbayang tinggi gajahnya berapa kalau ukuran gadingnya saja sebesar ini," ujarnya saat berbincang dengan TribunJogja.com di sela-sela mengunjungi pameran keliling itu.

Menurut Arif, dirinya memang baru pertama kali berkunjung ke museum, ia pun mengaku banyak mendapatkan pengetahuan sejarah dan pengalaman baru dari kunjungan tersebut.

Apalagi, artefak dan benda bersejarah yang dipamerkan pada museum itu cukup lengkap, mulai dari wastra lokal seperti lurik, batik hingga objek diduga cagar budaya (ODCB) peninggalan zaman kerajaan dan zaman kolonial.

Diakui Arif, setelah mendapatkan pemaparan dari penjaga stan gading gajah purba itu, diketahui jika gading gajah yang dipamerkan oleh Museum Ranggawarsita itu adalah gading replika.

Gading gajah purba yang asli tersimpan rapi di Museum Nasional Indonesia yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta pusat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved