Berita Bantul Hari Ini

Inovasi Bantul Seroja Masuk Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Sebelumnya, Bantul Seroja masuk dalam top 99 dan menyisihkan ribuan inovasi dari berbagai daerah dan instansi di Indonesia.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Inovasi dari Pemkab Bantul yakni Sehat Ekonomi karo Jamu (Seroja) masuk dalam top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 dari Kemen PAN-RB.

Sebelumnya, Bantul Seroja masuk dalam top 99 dan menyisihkan ribuan inovasi dari berbagai daerah dan instansi di Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 289 Tahun 2022 Inovasi Bantul Seroja masuk dalam kategori Ketahanan Institusi Publik di masa pandemi dan antisipasi di masa pasca pandemi Covid-19 .

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan Bantul SEROJA hadir di masa pandemi Covid-19 .

Tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi di sektor ekonomi, ramuan jamu yang diproduksi dari kelompok wanita tani di padukuhan menjadi minuman kesehatan ini dapat meningkatkan pendapatan sebesar 108,3 persen pada tahun 2021.

Baca juga: Bupati Halim Terus Berupaya Kuatkan Inklusi Sosial Hingga Level Kalurahan di Bantul

"Jumlah pengusaha Jamu juga mengalami peningkatan, dimana 2020 sejumlah 244 orang meningkat menjadi 444 orang atau meningkat 81,9 persen," ujarnya Kamis (4/8/2022).

Selain masalah pandemi, masalah stunting yang merupakan masalah prioritas nasional juga menjadi fokus utama pemerintah Kabupaten Bantul .

Bantul Seroja turut menjadi satu di antara upaya penanganan stunting di Kabupaten Bantul .

"Caranya melalui pelayanan kesehatan tradisional pijat tumbuh kembang bayi dan balita, ditambah dengan pemberian ramuan jamu untuk balita menjadi layanan yang dikembangkan di puskesmas," imbuh Bupati.  

Dalam kesempatan itu Halim menjelaskan, konsep kebaruan inovasi Bantul Seroja yaitu yang pertama, integrasi pelayanan kesehatan tradisional dengan pelayanan kesehatan konvensional di puskesmas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved