Berita Klaten Hari Ini

Arca, Nampan, Fosil hingga Keris Kuno Dipamerkan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten Selama 4 Hari

Sejumlah benda-benda bersejarah yang banyak ditemukan di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah dipamerkan di Kabupaten Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat melihat replika gading gajah purba yang dipamerkan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Kamis (4/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN -  Sejumlah benda-benda bersejarah yang banyak ditemukan di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Tengah dipamerkan di Kabupaten Klaten selama 4 hari, yakni 4-8 Agustus 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah dan Pemkab Klaten di Gedung Sunan Pandanaran yang berada di Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah.

Acara itu bertajuk Pameran Keliling Museum Dolan Klaten.

Selain koleksi dari Museum Ranggawarsita pada kesempatan itu dipamerkan juga koleksi Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan Museum Dolan Klaten ini adalah pertama kalinya dilaksankaan oleh Museum Ranggawarsita di Jawa Tengah dan sekaligus merayakan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten.

"Semoga menambah khasanah anak-anak kita, karena di sini (Museum) banyak replika-replika koleksi museum yang ada di Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Ia mengatakan, museum sebagai pusat kemajuan kebudayaan serta ruang edukasi yang menyenangkan, terlebih masuk museum ini tidak dikenakan biaya.

"Semoga kegiatan ini mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya, dan UMKM. Harapan saya bisa mengangkat perekonomian Kabupaten Klaten juga," ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, menyampaikan Pameran Keliling Museum Dolan Klaten mengambil tema bersama museum, menginspirasi masa depanku.

Ia memapaparkan hadirnya Museum Ranggawarsita merupakan salah satu inspirasi yang bisa menaikkan museum yang ada di Kabupaten Klaten

"Kami berharap museum ini bisa menjadi salah satu objek, tidak hanya wisata tetapi untuk penggalian karakter di tanah air utamanya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten menjadi sumber belajar dari TK, SD, SMP, SMA/SMK dan ekonomi kreatifnya semakin meningkat," ungkapnya.

Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko Nugroho Witjaksono mejelaskan bahwa hadirnya pameran keliling Museum Ranggawarsita ini mampu mengenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita, dan enam warisan budaya dunia yang ada di Jawa Tengah untuk masyarakat Klaten.

Ia menyebut enam warisan budaya dunia yang representasinya ada di Jawa Tengah, antara lain Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan, Batik, Keris, dan Wayang.

"Kami hadirkan untuk masyarakat Klaten, agar lebih bangga menjadi warga Jawa Tengah," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, beberapa koleksi yang dipamerkan yakni, nampan, arca, keris, batik, lurik, fosil seperti replika tengkorak manusia purba, gading gajah dan lain sebagainya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved