Pilpres 2024

Pilpres 2024: Pengamat Petakan Modal AHY untuk Maju Capres, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apa saja kelebihan dan kekurangan AHY untuk maju sebagai Capres 2024, berikut pernyataan dan penilaian Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
istimewa
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ilustrasi: AHY dinilai sudah punya modal untuk maju Capres. Namun selain modal kelebihan AHY juga masih ada kekurangan yang harus dilengkapi, menurut pengamat. 

TRIBUNJOGJA.COM - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipandang cukup mumpuni untuk maju sebagai calon presiden (Capres) dalam Pilpres 2024. Penilaian itu diungkap oleh pengamat, berdasarkan latar belakang karier pekerjaan maupun keluarga. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi keterangan kepada pers usai menghadiri cara perayaan Natal Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (29/1/2022)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi keterangan kepada pers usai menghadiri cara perayaan Natal Partai Demokrat di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (29/1/2022) (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

Sejumlah poin kelebihan pun disebut dan bisa jadi modal besar untuk maju Pilpres 2024. Walau demikian, AHY juga dianggap masih memiliki kekurangan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan AHY untuk maju sebagai Capres 2024, berikut pernyataan dan penilaian Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi.

Modal besar

Pratama Ari Junaedi menilai, AHY memiliki modal yang cukup untuk mengikuti kontestasi dalam Pilpres 2024.

Ari Junaedi mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat itu cukup mumpuni untuk ikut serta dalam kontestasi elektoral mendatang, dilihat dari sisi latar belakang.

“Sosok dia yang eks tentara, berasal dari keluarga terhormat dan berhasil menjadi presiden hingga dua kali, serta jaringan Partai Demokrat yang besar sudah lebih dari cukup untuk menjadi aset politik yang dimiliki AHY,” kata Ari pada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Ada modal lain menurut Ari Junaedi, yaitu elektabilitas AHY yang berada di papan tengah, Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com.

Menurut Ari, hasil jajak pendapat sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa elektabilitas AHY mengalahkan sejumlah politisi yang bahkan menduduki jabatan publik.

“Yang jelas nama AHY jauh di atas ketimbang nama Puan Maharani, Erich Thohir, atau Cak Imin,” kata dia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved