Berita Klaten Hari Ini

Baznas Klaten Siap Perbaiki 100 Unit Rumah Tak Layak Huni

Untuk tahun 2022 ini, Baznas Klaten siapkan anggaran untuk 60 unit RTLH namun jika diminta bantu perbaiki 100 unit, pihaknya mengaku siap.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten Klaten , Jawa Tengah siap untuk memperbaiki rumah tak layak huni ( RTLH ) yang ada di daerah itu.

Sekretaris Baznas Klaten , Wahyudi Martono mengatakan untuk tahun 2022 ini, pihaknya menyiapkan anggaran untuk 60 unit RTLH namun jika diminta bantu perbaiki 100 unit, pihaknya mengaku siap.

"Perbaikan RTLH adalah agenda dari pemerintah daerah, Baznas juga ada program ini, pemerintah menyiapkan anggaran untuk 500 unit, kalau Baznas sesuai rencana 60 unit, tetapi Bupati mengkehendaki 100 dan kita siap," ujarnya saat ditemui di Kantor Desa Ngawen, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, pihaknya juga akan berusaha meningkatkan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat serta aparatur sipil negara ( ASN ) yang ada di lingkungan Pemkab Klaten agar bisa disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Baca juga: Masih Banyak Rumah Tak Layak Huni di Klaten, Bupati Sri Mulyani : Tahun Ini 1.000 Unit Kita Perbaiki

" Baznas sifatnya hanya menyalurkan, dan ASN akan terbantu dalam penyaluran zakatnya. Untuk itu kita harap ASN menyalurkan zakatnya melalui Baznas ," jelasnya.

Ia mengatakan, jumlah alokasi dana RTLH juga tergantung pada jumlah zakat, infak dan sedekah yang disalurkan ASN dan para warga lainnya.

"Jika zakatnya semakin banyak maka semakin banyak pula dana RTLH dari Baznas ," imbuhnya.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menargetkan 1.000 unit RTLH diperbaiki.

Hal itu disampaikan usai menghadiri Sosialisasi Optimalisasi Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) di Aula Kantor Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Rabu (3/8/2022).

"Tahun ini (perbaikan RTLH ) itu targetnya 1.000 unit ya," ujar Sri Mulyani saat ditemui usai kegiatan itu.

Baca juga: Sebanyak 2.171 Warga Klaten di 8 Kecamatan Masuk Data Penerima Bantuan Set Top Box dari Kominfo

Menurutnya, secara keseluruhan jumlah RTLH di daerah yang ia pimpin hingga saat ini masih berada sekitar 18.011 unit.

Perbaikan belasan ribu rumah tak layak huni itu bakal direhab secara bertahap.

"Jumlah RTLH kita ada sekitar 18.011 unit, tahun kemarin dan tahun ini sudah kita anggarkan perbaikannya," jelasnya.

Diakui Yani, perbaikan RTLH itu selain dilakukan dengan APBD Klaten , juga melibatkan Baznas dan corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan swasta yang ada di Klaten .

"Nanti kita juga kerjasama dengan Baznas , lalu pihak ketiga juga bangun komunikasi melalui CSR-nya membantu selesaikan RTLH Klaten ," ungkapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved