10 Cara Alami dan Mudah untuk Menurunkan Hipertensi, Silakan Dicoba!

Cara menurunkan hipertensi ini menjadi kabar baik karena bisa dilakukan semua orang dalam kehidupan sehari-hari. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
webphotographeer
Mengurangi konsumsi garam bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi 

TRIBUNJOGJA.COM - Hipertensi sangat perlu diwaspadai karena tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

Tribun Jogja melansir Healthline via kompas.com, kadar tekanan darah tergantung pada seberapa banyak darah yang dipompa jantung dan ketahanan terhadap aliran darah di pembuluh darah arteri.

Semakin sempit pembuluh darah arteri, kadar tekanan darah semakin tinggi. Hasil pengukuran tekanan Darah tinggi lebih dari atau sama dengan 130/80 mm Hg termasuk tinggi.

Ilustrasi tekanan darah tinggi
Ilustrasi tekanan darah tinggi (Shutterstock)

Kabar baiknya, tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan modifikasi atau perubahan gaya hidup dan cara-cara alami yang gampang dilakukan.

Berikut cara menurunkan darah tinggi secara alami dan cepat. Cara menurunkan hipertensi ini menjadi kabar baik karena bisa dilakukan semua orang dalam kehidupan sehari-hari. 

Nah, berikut cara menurunkan darah tinggi secara alami selengkapnya:

1. Kurangi asupan natrium dan garam

Mengurangi asupan natrium dan garam merupakan salah satu cara menurunkan darah tinggi alami dan cepat. Dengan menurunkan konsumsi garam dan natrium, penderita hipertensi bisa menurunkan tekanan darah tinggi sampai 5-6 mm Hg.

Secara umum, batas konsumsi natrium maksimal 2.300 miligram per hari. Untuk mengurangi natrium dan garam dalam keseharian, upayakan untuk selalu membaca label makanan. Pertimbangkan makanan rendah sodium.

Minimalkan makan makanan olahan yang biasanya banyak mengandung natrium untuk proses pengawetan. Selain itu, jangan dibiasakan untuk menambahkan garam terlalu banyak dalam makanan.

Baca juga: Tak Hanya Sakit Kepala, Ini Tanda-tanda Hipertensi Alias Tekanan Darah Tinggi yang Sering Diabaikkan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved