Pilpres 2024

Tanggapan Resmi Demokrat Soal Isu Anies Baswedan dan AHY Sebagai Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Koalisi Demokrat, Nasdem, dan PKS akan mengusung Anies Baswedan dan AHY sebagai capres dan cawapres di Pemilu 2024. Tanggapan Demokrat

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/5/2021)- Foto ilustrasi: Isu berkembang Anies Baswedan (kiri) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi capres dan cawapres di Pilpres 2024 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Demokrat memberikan tanggapan melalui juru bicaranya perihal isu Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Capres 2024 dan cawapresnya di Pilpres 2024. Isu yang berkembang itu menyebut Anies Baswedan dan AHY akan diusung Demokrat dengan koalisi Partai Nasdem dan PKS.

Prediksi mengenai capres dan cawapres dari Partai Demokrat memang sebelumnya mencuat, Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com. Disebutkan Koalisi Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS akan mengusung Anies Baswedan dan AHY sebagai capres dan cawapres di Pemilu 2024.

Lantas Demokrat menegaskan bahwa Capres 2024 dan cawapres ditentukan setelah koalisi terbentuk. Selain itu harus lebih dulu ditentukan kriteria capres dan cawapres.

Pernyataan Demokrat

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (istimewa)

Baca juga: Pilpres 2024: Putusan Final, Golkar Usung Airlangga Hartarto Sebagai Capres, Koalisi PAN dan PPP

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, Demokrat kini sedang fokus mematangkan rencana koalisi dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ia menegaskan belum ada pembahasan ihwal capres dan cawapres dari ketiga partai untuk Pemilu 2024.

Herzaky menyatakan itu sebagai respons atas berkembangnya isu bahwa koalisi Demokrat, Nasdem, dan PKS akan mengusung Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres dan cawapres.

"Kami masih fokus untuk membangun koalisi dulu bertiga, meskipun tetap jalin komunikasi dengan seluruh parpol," kata Herzaky kepada Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Herzaky mengatakan bahwa nama capres dan cawapres baru akan dibahas setelah koalisi resmi terbentuk.

Ia menyatakan, setiap partai politik punya mekanisme dan aturan sendiri dalam menentukan calon yang akan diusung. Hingga kini, belum ada satu pun dari ketiga parpol yang usulan capresnya sudah final.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved