Berita Pendidikan Hari Ini

Lulusan PBI UKDW Miliki Peluang Karir yang Luas

Banyak yang mengira, lulusan Pendidikan Bahasa Inggris akan berkarir sebagai guru atau pengajar saja.

Tribunjogja/Christi Mahatma Wardhani
Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Lemmuela Alvita Kurniawati, S.Pd., M.Hum (kiri), Alumni PBI UKDW, Elnora May Nababan, S.Pd (tengah), Mahasiswa PBI UKDW, Winta Hayu Pramesi (kanan) dalam podcast English for Now and Beyond, Jumat (29/07/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Banyak yang mengira, lulusan Pendidikan Bahasa Inggris akan berkarir sebagai guru atau pengajar saja. Namun rupanya lulusan PBI memiliki potensi karir yang lebih luas. 

Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Lemmuela Alvita Kurniawati, S.Pd., M.Hum mengatakan selain menjadi pengajar, lulusan PBI bisa menjadi desainer materi pembelajaran. Apalagi saat ini sudah banyak platform pembelajaran digital. 

Program Studi PBI Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) memiliki tiga bidang dalam kurikulumnya, yakni English for Specific Purposes (pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus), technology-enhanced instruction (pemanfaatan teknologi pembelajaran), serta intercultural competence approach (kompetensi komunikasi lintasbudaya).

"Sehingga peluang karirnya luas sekali,nggak cuma guru atau pengajar saja. Bisa juga ke hoteliers, perhotelan, pariwisata, bahkan wirausaha, banyak sekali,"katanya, Jumat (29/07/2022).

Ia mengungkapkan proses perkuliahan di UKDW pun berbeda. Mahasiswa tidak diminta belajar di kelas dan diberikan ujian saja, tetapi dibekali softskill. Mahasiswa juga diajak untuk aktif dalam berbagai project. 

Bukan tanpa alasan, project-project yang diberikan bermanfaat bagi mahasiswa untuk terjun ke dunia usaha, dunia industri, dan dan dunia kerja. 

"Pembelajaran nggak melulu di kelas, dikasih teori, kemudian kuis, dites begitu. Tetapi mahasiswa diajak untuk ikut project. Misalnya kemarin dosen diminta untuk menerjemahkan ke Bahasa Inggris dari buku cerita untuk pembelajaran. Nah itu kami libatkan mahasiswa juga untuk ikut,"ungkapnya. 

Baca juga: UKDW Siapkan Beragam Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Baru, Begini Cara Mendapatkannya

"Kami juga menerapkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dari situ mahasiswa bisa ikut pertukaran mahasiswa, pembangunan desa, dan kerja praktik. Jadi selama satu semester mahasiswa nggak belajar di kelas, tetapi langsung terjun ke masyarakat juga dunia kerja,"sambungnya.

Sementara itu, Alumni PBI UKDW, Elnora May Nababan, S.Pd menyebut proses perkuliahan di PBI UKDW banyak mengubah hidupnya.

Awalnya tidak tertarik menjadi pengajar, namun akhirnya ia justru menikmati proses pembelajaran. 

"PBI UKDW itu life changer, awalnya nggak minat di PBI, tapi setelah masuk jadi berubah. Kampus memberikan dukungan yang luar biasa, salah satunya kemarin didorong banget untuk ikut Ohio Course. Awalnya ragu, tapi ternyata saya dapat ilmu bagaimana untuk menyiasati pembelajaran dengan teknologi. Jadi cocok sekali dengan kondisi saat ini,"bebernya. 

Menurut mahasiswa PBI UKDW, Winta Hayu Pramesi, PBI UKDW seperti pintu kemana saja milik Doraemon, sebab membuka peluang yang luas untuk menuntut ilmu.

Kampus juga mendorong agar mahasiswanya aktif dalam berbagai kegiatan dan project. Dengan demikian, mahasiswa memiliki bekal yang cukup untuk terjun ke dunia industri maupun kerja. 

"Kampus juga aktif memberikan informasi baik projek, beasiswa, dan lainnya. Nah tapi mahasiswanya juga harus aktif juga. Jadi bekalnya cukup dan bisa diterapkan,"imbuhnya. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved