Kabar Gembira, Vaksin Covid-19 Buatan Anak Negeri Siap Dilauncing 17 Agustus

PT Bio Farma menargetkan vaksin covid-19 yang dikembangkan oleh pihaknya siap diluncurkan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Spencer Davis from Pixabay
Ilustrasi Vaksin Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - PT Bio Farma menargetkan vaksin covid-19 yang dikembangkan oleh pihaknya siap diluncurkan pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Saat ini vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Bio Farma sudah memasuki uji klinis tahap ketiga.

Bio Farma menargetkan uji klini tahap ketiga ini selesai pada bulan ini dan pada 17 Agustus 2022 mendatang, Indonesia bisa memiliki vaksin Covid-19 karya anak bangsa.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir.

Menurut Honesti Basyir, saat ini PT Bio Farma sedang berproses untuk mendaftarkan nama tersebut ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Mudah-mudahan di tanggal 17 Agustus 2022 Indonesia akan memiliki vaksin buatan Indonesia, persembahan untuk Indonesia guna memutus mata rantai Covid-19”, ujar Honesti dikutip dari Kompas.com yang melansir siaran pers PT Bio Farma, Selasa (2/8/2022).

Dia melanjutkan, PT Bio Farma saat ini sudah mendaftarkan hasil uji klinis fase ketiga tersebut sebagai rangkaian proses untuk mendapatkam izin edar dalam keadaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Pararel dengan hal tersebut, Bio Farma juga telah menyelesaikan audit vaksin Covid-19 oleh LPPOM MUI dan dalam waktu dekat akan tersertifkasi untuk aspek kehalalannya," ujar Honesti.

“Presiden (Presiden Jokowi) sudah menyiapkan nama khusus untuk vaksin Covid-19 BUMN," ungkapnya.

Baca juga: Masih Banyak Warga Sleman yang Belum Suntik Vaksin Booster Covid-19

Adapun vaksin Covid-19 BUMN yang menggunakan teknologi Subunit Protein Rekombinan (protein Receptor Binding Domain/RBD), harus melalui perjalanan yang panjang sampai nantinya bisa digunakan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved