Breaking News:

Tips Kesehatan

Hindari Penyebab Kolesterol Tinggi Ini agar Terhindar dari Jantung Koroner, Stroke dan Hipertensi

Apa yang menyebabkan kolesterol tinggi? Berikut beberapa penyebab kolesterol dalam darah tinggi selain karena makanan yang dikonsumsi.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
dok.istimewa
Ilustrasi - Kolesterol bisa picu jantung koroner, stroke dan hipertensi. Hindari beberapa penyebab kolesterol tinggi bisa jadi langkah awal pencegahan 

TRIBUNJOGJA.COM - Kolesterol tinggi penting diwaspadai karena bisa memicu penyakit kronis seperti stroke, jantung koroner dan juga tekanan darah tinggi atau hipertensi

Apa yang menyebabkan kolesterol tinggi? Berikut beberapa penyebab kolesterol dalam darah tinggi selain karena makanan yang dikonsumsi.

Ilustrasi kolesterol dan hipertensi kerap tak terdeteksi dan seseorang ternyata mengalami serangan stroke berat
Ilustrasi kolesterol dan hipertensi kerap tak terdeteksi dan seseorang ternyata mengalami serangan stroke berat (ufmcpueblo.com)

Kolesterol merupakan zat lemak dalam darah. Ketika zat lemak bernama kolesterol berlebihan, itulah kondisi di mana disebut kolesterol tinggi. 

Kolesterol berfungsi dalam membentuk membran sel dan vitamin D serta hormon tertentu dalam tubuh. Namun ketika kolesterol tinggi, wajib diwaspadai mengingat hal ini bisa memicu penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Penyebab kolesterol tinggi

Beberapa hal berikut mungkin tak terduga dan ternyata bisa menyebabkan kolesterol tinggi:

1. Terlalu banyak duduk

Duduk terlalu lama juga tidak baik dengan kesehatan. Sebab, hal itu bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Ketika Anda duduk terlalu lama, enzim yang mengubah kolesterol LDL menjadi kolesterol HDL baik turun hingga 95 persen.

2. Efek obat

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved