Viral Medsos

FAKTA Terbaru Kasus Bayi Meninggal di RSUD Jombang, Ini Penjelasan Lengkap dari Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang di Jawa Timur menjadi sorotan setelah viral kasus bayi meninggal. Bayi dari seorang perempuan bernama Rohma

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
www.babycenter.com
FAKTA Terbaru Kasus Bayi Meninggal di RSUD Jombang, Ini Penjelasan Lengkap dari Rumah Sakit 

TRIBUNJOGJA.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang di Jawa Timur menjadi sorotan setelah viral kasus bayi meninggal.

Bayi dari seorang perempuan bernama Rohma itu meninggal dunia karena dilahirkan secara normal.

Padahal, sebelumnya, sebelum dirujuk ke RSUD Jombang, Rohma telah pergi ke puskesmas dan mendapat rekomendasi untuk lahiran secara caesar.

Kisah Rohma itu dibagikan oleh saudaranya di Twitter dan menjadi viral karena netizen mengamuk.

Tidak hanya itu, banyak dari netizen yang juga melaporkan pelayanan yang buruk dari RSUD Jombang dan RSUD lainnya.

Fakta terbaru, kemarin Senin (1/8/2022), pihak RSUD Jombang meminta maaf usai memaksa seorang ibu melahirkan normal hingga sang bayi meninggal.

Ibu bayi ini yakni Rohma Roudotul Jannah (29). Persalinannya di RSUD Jombang berakhir tragis. Bayi perempuannya meninggal karena mengalami bahu tersangkut atau distosia bahu.

"Tadi kami sudah menjelaskan kepada keluarga pasien (Rohma), alhamdulillah keluarga pasien sudah memahami kondisi yang sebenarnya," kata Kasubbag Humas RSUD Jombang, dr Fery Dewanto dikutip dari berbagai sumber.

Karena peristiwa tragis itu, pihak rumah sakit mengaku telah menemui keluarga Rohma untuk menjelaskan yang sebenarnya terjadi.

"Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas pelayanan yang tidak berkenan. Kami berharap semua pelayanan berjalan lancar. Kasus ini di luar prediksi," jelasnya.

Baca juga: VIRAL MEDSOS Kisah Bayi Meninggal Sebelum Lahir, Rating Google RSUD di Jatim Ini Langsung Anjlok

Diketahui, Rohma dirujuk dari Puskesmas Sumobito ke RSUD Jombang karena mengalami keracunan kehamilan pada Kamis (28/7/2022) pagi.

Perempuan asal Dusun Slombok, Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito itu tiba di rumah sakit pelat merah sekitar pukul 10.50 WIB.

Pemeriksaan awal di RSUD Jombang menunjukkan Rohma dalam kondisi baik, jalan lahirnya sudah pada fase bukaan 7.

Sementara itu, kepala janin berada pada posisi di pangkal panggul. Sehingga, dokter spesialis kandungan yang menanganinya memutuskan agar ia menjalani persalinan normal.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved