Cerita Penjual Bendera di Klaten, Harap Raup Untung Setelah 2 Tahun Tak Jualan karena Covid-19

Pedagang bendera dan umbul-umbul mulai bermunculan jelang peringatan hari Kemerdekaan Ri

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Seorang penjual bendera merah putih dan pernak-pernik kemerdekaan saat menata dagangannya di pinggir Jalan Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Senin (1/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), para penjual bendera merah putih dan umbul-umbul mulai ramai bermunculan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pantauan TribunJogja.com, Senin (1/8/2022), sekitar pukul 10.00 WIB, bendera dan umbul-umbul mulai dijajakan oleh penjual di sejumlah titik seperti di pinggir Jalan Yogyakarta-Solo, Jalan Merbabu, Jalan Merapi hingga Jalan Mayor Kusmanto.

Seorang penjual bendera merah putih di Jalan Mayor Kusmanto, Desa Sekarsuli  Kecamatan Klaten Utara, Momon (67) mengaku baru satu minggu berjualan bendera di jalan tersebut.

"Saya hampir satu minggu jualan di sini, alhamdulillah penjualan mulai meningkat," ucap Momon saat ditemui di sela-sela berjualan bendera tersebut.

Baca juga: 6 Kuliner Soto Legendaris di Jogja Cocok untuk Menu Sarapan

Ia mengatakan, pada hari pertama jualan, bendera yang ia jual hanya laku satu hingga dua bendera saja, namun sejak akhir pekan lalu penjualan mulai meningkat.

"Kalau sekarang ini 10 bendera atau umbul-umbul bisa terjual, biasanya semakin dekat ke tanggal 17 Agustus penjualan semakin banyak," ujarnya.

Ia pun berharap penjualan bendera dan umbul-umbul yang ia datangkan langsung dari Garut, Jawa Barat bisa ludes pada momen hari ulang tahun ke-77 RI ini.

Pasalnya, selama dua tahun belakangan, dirinya terpaksa untuk tidak berjualan bendera karena terjangan pandemi Covid-19.

"Harapannya ya, bisa laku dan raih untung pada momen kemerdekaan tahun ini," ucapnya.

Momon menyebut jika harga bendera yang ia jual beragam tergantung ukuran, harga bendera ukuran kecil dijual seharga Rp 25 ribu dan ukuran paling besar Rp 120 ribu.

Sementara untuk umbul-umbul, bagir dan backdrop juga dijual beragam dari kisaran Rp 60 ribu hingga Rp 250 ribu.

Seorang warga, Susanto (54) mengaku sudah memiliki bendera merah putih dan pada momen hari kemerdekaan tahun 2022 ini, pihaknya lebih memilih membeli umbul-umbul.

"Saya beli satu pasang umbul-umbul, untuk dipasang di depan gerbang warung. Biar tambah semarak. Kalau bendera saya sudah punya," akunya. (Tribunjogja)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved