Berita Magelang Hari Ini

Cegah Global Warming, Muhadjir Effendy Ajak Masyarakat Gemar Menanam Pohon

Pemerintah melalui Kemenko PMK sedang memiliki program menanam 10 juta pohon dengan target selesai akhir tahun ini

Jay Humas Setkab
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke Kabupaten Magelang, pada Minggu (31/07/2022) kemarin.

Dalam agenda kunjungannya, Menko PMK memberikan bantuan berupa 1.000 bibit pohon sekaligus menghadiri acara silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah Kecamatan Muntilan dan Gebyar Muktamar Muhammadiyah Aisyiah Ke- 48 di sebelah Gedung RSIA Muntilan.

Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa sekarang ini pemerintah melalui Kemenko PMK sedang memiliki program menanam 10 juta pohon dengan target akan rampung pada akhir tahun 2022 ini.

"Kalau nanti sebelum akhir tahun target sudah tercapai akan kita naikan 100 juta pohon," ujar, Muhadjir Effendy.

Bukan tanpa sebab, program penanaman 10 juta pohon yang digalakkan oleh Kemenko PMK ini adalah sebagai upaya mitigasi bencana, pengendalian perubahan iklim, dan mengatasi kekurangan bahan pangan serta menanggulangi Global Warming (Pemanasan Global) efek rumah kaca yang kian hari kian mengkhawatirkan.

Muhadjir Effendy mengatakan, dampak dari global warming saat ini salah satunya gunung-gunung es di Kutub Utara mulai meleleh kurang lebih 5 juta kubik per-harinya sehingga mengakibatkan permukaan air laut mulai naik.

"Akhir- akhir ini saya mulai menghitung sudah ada berapa pulau yang tenggelam akibat naiknya permukaan air laut ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Magelang Berkomitmen Penuhi Hak Anak Lewat Program PKK

Baca juga: Satu Pabrik Kayu di Magelang Hangus Terbakar, Diduga Akibat Mesin Alami Overheat

Menurutnya dengan terjadinya global warming, ke depan juga akan berdampak sangat buruk bagi hasil pertanian sehingga apabila tidak segera dilakukan penanggulangan sedini mungkin, bisa menimbulkan krisis pangan.

"Maka saya minta masyarakat untuk gemar menanam pohon sehingga bumi ini bisa tetap lestari," tuturnya.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap dengan kehadiran Menko PMK RI ini bisa memberikan spirit dan semangat dalam membangun dan merawat Kabupaten Magelang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved