Berita Klaten Hari Ini

Dinkes Klaten Segera Sosialisasikan Vaksinasi Booster Kedua Bagi 8.000 Tenaga Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan jika pihaknya sudah menerima surat mengenai vaksin booster kedua bagi nakes tersebut

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Suasana pelaksanaan vaksin booster bagi warga di Terminal Bus Ir Soekarno Klaten yang berada di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Selasa (19/4/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah mulai menggulirkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Hal ini sesuai surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Kamis (28/7/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo mengatakan jika pihaknya sudah menerima surat mengenai vaksin booster kedua bagi nakes tersebut.

Baca juga: LPSK Peringati Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia di Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer

"Kita baru menerima suratnya, vaksin yang ada saat ini untuk booster umum kalau untuk nakes belum," ujarnya, Jumat (29/7/2022).

Ia mengatakan, pihaknya bakal melakukan sosialisasi terlebih dahulu setelah turunnya surat edaran terkait vaksin booster kedua bagi nakes itu.

"Kita baru terima surat, lalu sosialisasi dulu, kalau jumlah sasaran sesuai data nakes kita," akunya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Klaten, Anggit Budiarto menambahkan jumlah nakes yang akan menerima booster kedua di Klaten sekitar 8.000 nakes.

"Tapi biasanya di Klaten capaian vaksin bagi nakes bisa 140 persen atau 12.000 ribu nakes seperti tahun lalu, karena belum terdata," akunya.

Baca juga: 1 Hektare Tanah Kas Desa di Menden Klaten Terdampak Proyek Tol Yogyakarta-Solo, Diganti Rp 8 Miliar

Diakui Anggit, jumlah nakes di Klaten tersebar di sejumlah pelayanan kesehatan negeri dan swasta baik dari tingkat kabupaten hingga kecamatan.

Disamping itu, kata dia, untuk saat ini pihaknya masih fokus melaksanakan vaksin booster dosis ketiga bagi masyarakat umum.

Pasalnya, sampai saat ini jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin booster baru 37,8 persen atau sekitar 400.000 warga. (Mur)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved