Tips Kesehatan

Tanpa Obat-obatan, Begini Cara Alami Menurunkan Hipertensi yang Bisa Anda Coba

Ada beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat di antaranya olahraga teratur, mengurangi asupan garam

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Medical News Today
ILUSTRASI - Pengukuran tekanan darah 

Tribunjogja.com - Bagi Anda penderita hipertensi sangat penting menjaga tensi agar tetap normal dan tidak melonjak.

Hal ini untuk menghindari efek bahaya seperti serangan jantung hingga stroke.

Tekanan darah orang dewasa normalnya tidak melebihi 120/80 mmHg. Seseorang baru dikatakan mengalami hipertensi, atau tekanan darah tinggi, apabila tekanan darahnya sudah di atas 140/90 mmHg.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Berikut adalah 13 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Berjalan dan berolahraga secara teratur

Cara pertama menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat adalah berjalan dan olahraga teratur. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah. Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur membantu membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah sehingga menurunkan tekanan di arteri.

Faktanya, 150 menit olahraga sedang, seperti berjalan kaki, atau 75 menit olahraga berat, seperti berlari, per minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa berjalan kaki 30 menit per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Kurangi asupan natrium

Cara kedua menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat adalah mengurangi garam. Banyak penelitian telah menghubungkan asupan garam yang tinggi dengan tekanan darah tinggi dan serangan jantung, termasuk stroke. Namun, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa hubungan antara natrium dan tekanan darah tinggi kurang jelas.

Salah satu alasannya mungkin karena perbedaan genetik dalam cara orang memproses natrium. Sekitar setengah dari orang-orang dengan tekanan darah tinggi dan seperempat dari orang-orang dengan tingkat normal tampaknya memiliki kepekaan terhadap garam. Jika seseorang sudah memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya mengurangi asupan natrium. Ganti makanan olahan dengan yang segar dan coba bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah daripada garam.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved