Doa Awal Tahun

Doa Awal TAHUN BARU Mohon Mendapatkan Rizqi yang Halal

Berikut adalah doa awal tahun Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu

Penulis: Iwan Al Khasni | Editor: Iwan Al Khasni
IST
Tahun Baru Islam jatuh pada 1 Muharram 1444 H atau 1 Suro 1956 yang bertepatan pada Sabtu 30 Juli 2022. 

Tribunjogja.com - Berikut adalah doa awal tahun yang dirangkum Tribunjogja.com dari buku Kumpulan Doa Sehari-Hari yang dikarang oleh Direktorat Penerangan Agama Islam Republik Indonesia Tahun 2013.

Doa dalam Bahasa Indonesia :

"Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang memulai, wahai Dzat Yang Mengembalikan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Mencintai.

"Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw. keluarga dan sahabat beliau."

Sebelum berdoa di atas sebaiknya ikuti panduan tata cara berdoa di bawah ini :

1. Menghadap kiblat

Hal ini berdasarkan sebuah hadis. "Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo'a sehingga tenggelam matahari"

2. Membaca Hamdalah, Istighfar dan Shalawat

Salah seorang Sahabat Nabi berkata : "Ketika Nabi Muhammad SAW duduk dimesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,'Allahummaghfirlii warhamnii'.

Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah pujipujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo'a .

Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo'alah akan dipenuhi. ( Tribunjogja.com )

Baca juga: Bacaan DOA Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 atau Malam 1 Suro

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved