Tips Kesehatan

Waspada Hipertensi, Ini Takaran Minum Kopi agar Tidak Mengalami Tekanan Darah Tinggi

asupan kafein dibatasi maksimal 200 miligram, atau setara dua cangkir kecil, atau 237 mililiter per hari

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
health.harvard.edu
ilustrasi kopi 

TRIBUNJOGJA.COM - Minum kopi bisa menyebabkan darah tinggi atau hipertensi apabila porsinya berlebihan. Hal ini sejurus dengan penelitian pada 2015 yang menunjukkan minum kopi lebih dari tiga cangkir perhari kemungkinan bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Tribun Jogja melansir dari MedicalNewsToday, penderita darah tinggi atau hipertensi bisa atau boleh minum kopi, asalkan tidak berlebihan.

Saran yang wajib diikuti, asupan kafein dibatasi maksimal 200 miligram, atau setara dua cangkir kecil, atau 237 mililiter per hari. Hal ini terutama berlaku bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi.

Berbeda untuk orang tanpa hipertensi atau darah tinggi. Anda boleh minum kopi tapi sebaiknya tak lebih dari tiga cangkir atau 400 miligram kafein per hari.

Sebagai antisipasi agar tidak timbul kekhawatiran mengenai dampak atau efek minum kopi, sebaiknya tetap memantau tekanan darah sebelum dan 30 menit sampai 120 menit sesudah minum asupan berkafein ini.

Apabila tekanan darah naik antara lima sampai 10 poin, ada kemungkinan Anda sensitif terhadap kafein dan membatasi konsumsi asupan ini.

Konsultasikan juga ke dokter takaran dosis kafein yang aman sesuai kondisi tekanan darah Anda.

Selama ini memang menjadi kekhawatiran bagi penderita hipertensi, apakah minum kopi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi?

Faktanya, kopi mengandung kafein yang selama ini dikenal sebagai zat stimulan.

Tidak sedikit orang jadi berdebar-debar sampai lebih konsentrasi ketika baru minum kopi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved