Berita Klaten Hari Ini

Warga Menden Klaten Diguyur UGR Proyek Tol Yogyakarta-Solo Senilai Rp77,5 Miliar

Pembayaran UGR bagi puluhan warga terdampak Tol Yogyakarta-Solo ini dipusatkan di Aula kantor desa setempat.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah warga Desa Menden, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah saat mengikuti pembayaran Uang Ganti Rugi (UGR) Tol di aula desa setempat, Kamis (28/7/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembayaran uang ganti rugi (UGR) tanah terdampak pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kembali berlanjut.

Kali ini, pembayaran uang ganti rugi Tol Yogyakarta-Solo itu dicairkan bagi pemilik 71 bidang tanah warga yang ada di Desa Menden, Kecamatan Kebonarum, Kamis (28/7/2022).

Pantauan TribunJogja.com di lokasi, pembayaran UGR bagi puluhan warga terdampak Tol Yogyakarta-Solo ini dipusatkan di Aula kantor desa setempat.

Proses pembayaran dilakukan mulai pukul 10.30 WIB.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Klaten, Sulistiyono menyebut total di desa itu terdapat sekitar 76 bidang tanah yang kena terjang proyek Tol Yogyakarta-Solo ini.

"Alhamdulillah semua tanah warga sebanyak 71 bidang bisa dicairkan uang ganti ruginya secara serentak. Ini nilainya sebanyak Rp77,5 miliar," ucapnya saat ditemui di sela-sela kegiatan itu.

Menurut Sulis, begitu dia akrab disapa, pencairan UGR tanah warga yang terdampak tol di Desa Menden bisa cair secara bersamaan karena berkas yang diajukan semuanya komplit.

"Untuk di sini yang belun turun itu ya tanah kas desa (TKD), ini masih tahap proses pengajuan. TKD kakau nggak salah ada 5 bidang," imbuhnya.

Diakui Sulis, di desa tersebut sebagian besar lahan yang kena terjang proyek Tol Yogyakarta-Solo adalah lahan persawahan dan tanah pekarangan.

Namun ada juga beberapa rumah toko atau ruko yang ikut kena terjang Tol Yogyakarta-Solo ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved