Tips Kesehatan

Menu Sarapan Penurun Gula Darah yang Melonjak di Waktu Pagi, Membantu Pengobatan Diabetes

menu sarapan sehat yang terdiri atas kandungan karbohidrat kaya serat, protein, dan lemak sehat sangat membantu menurunkan gula darah pasien diebetes

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Kompas.com
Ilustrasi : Gula Darah 

TRIBUNJOGJA.COM -  Apakah Anda termasuk orang yang berjuang menurunkan kadar gula darah di waktu pagi hari? Bila iya, menu sarapan sehat yang terdiri atas kandungan karbohidrat kaya serat, protein, dan lemak sehat akan sangat membantu, terutama untuk pengobatan Diabetes Mellitus (DM).

Fenomena fajar naiknya gula darah di waktu pagi tidak akan menjadi masalah besar bila itu terjadi hanya sesekali. 

Namun apabila kenaikan gula darah di waktu pagi terjadi konsisten, tentu saja masalah dan hal ini penting segera diatasi.

Bagaimana gula darah bisa naik di waktu pagi?

Sebelum Anda bangun, hati melepaskan glukosa ke dalam aliran darah untuk memberi Anda energi, Tribun Jogja mengutip dari laman eatingwell.

Ini adalah fenomena fajar, dan ini adalah cara tubuh Anda memberi Anda dorongan untuk memulai hari.

Pada orang tanpa diabetes, ini bukan masalah besar.

Setelah glukosa memasuki aliran darah, pankreas melepaskan insulin untuk mendorong glukosa ke dalam sel, di mana ia dapat digunakan untuk energi.

Namun, jika Anda menderita diabetes, proses itu tidak berjalan mulus. Itu karena tubuh tidak menghasilkan cukup insulin (atau insulin sama sekali) untuk mengelola gula darah yang meningkat itu.

Karena itu, ketika Anda bangun dan menguji gula darah, Anda mungkin melihat bahwa gula darah Anda meningkat. Inilah fenomena fajar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved