Tol Solo Yogyakarta

Desain Jalan Tol Solo–Yogyakarta Cermati Garis Imajiner Merapi dan Laut Kidul

Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo melintasi dua provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,64 Km dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanja

Penulis: Iwan Al Khasni | Editor: Iwan Al Khasni
Tribunjogja.com |
Garis Imajiner 

Tribunjogja.com Yogyakarta - Jalan Tol Solo–Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo bakal membentang dari Solo-Kulon Progo Yogyakarta.

Melansir data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Rabu (27/7/2022), Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo memiliki panjang 96,57 Km.

Trase Jalan Tol di Yogya
Trase Jalan Tol di Yogya (Tribunjogja.com | Santo Ari)

Jalan Tol Solo-Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo melintasi dua provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,64 Km dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 60.93 Km.

Kabar terbarunya adalah pembangunan konstruksi Jalan Tol Solo–Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo memasuki pengerjaan Seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 Km.

Pengerjaan Seksi 1 itu dibagi menjadi Paket 1 Solo - Klaten (22,3 Km), dan Paket 2 Klaten - Purwomartani (20,08 Km). Pembangunan paket itu baru dengan progres mencapai 20,72 persen.

Sedangkan untuk Seksi II Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 km terbagi menjadi 2 paket.

Paket 2.1 Purwomartani-Monjali (9,43 Km) dan Paket 2.2 Monjali - Gamping (14 Km).

Untuk Seksi III Gamping - Purworejo sepanjang 30,77 Km terbagi menjadi dua paket.

Yaitu Paket 3.1 Gamping - Wates (17,45 Km) dan Paket 3.2 Wates - Purworejo (13,32 Km).

Untuk Seksi II dan III masih dalam tahap persiapan pekerjaan fisik dengan target selesai pada tahun 2024.

Pelaksanaan pembangunan Jalan Tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogjasolo Marga Makmur terdapat sembilan simpang susun (interchange) dan satu persimpangan (junction) Sleman.

Kesembilan Simpang Susun (SS) tersebut yakni, SS Kartosuro, SS Karanganom, SS Klaten, SS Prambanan dan Manisrenggo, SS Purwomartani, SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS YIA.

Sumbu Filosofis Yogyakarta Hingga Garis Imajiner Merapi dan Laut Kidul

Jalan Tol Solo–Yogyakarta hingga YIA Kulon Progo itu nantinya akan memperhatikan dan melestarikan cagar budaya yang ada disekitarnya khususnya garis imaginer yang berada di Yogyakarta (melintasi D.I. Yogyakarta dari Gunung Merapi-Parangkusumo).

Salah satu contoh penyesuaian desain jalan tol yang pernah dilakukan di wilayah Jawa Tengah adalah adanya rekayasa konstruksi jalan tol yang semula at grade menjadi elevated (melayang) untuk menghindari situs Yoni yang ada di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten – Jawa Tengah. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved