Berita Pendidikan Hari Ini

Sebanyak 451 Sekolah di Kota Yogyakarta Merupakan Sekolah Ramah Anak

Hingga pertengahan tahun 2022, tercatat ada 451 atau 98 persen sekolah di Kota Yogyakarta yang memperoleh predikat Sekolah Ramah Anak .

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta terus berkomitmen untuk membentuk Sekolah Ramah Anak (SRA). 

Hingga pertengahan tahun 2022, tercatat ada 451 atau 98 persen sekolah di Kota Yogyakarta yang memperoleh predikat Sekolah Ramah Anak .

Sekolah yang mendapat predikat SRA mulai dari jenjang TK, SD, hingga SMP, baik negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta , Budi Santosa Asrori mengatakan SRA berfokus pada langkah dan strategi agar sekolah bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak selama proses pembelajaran.

Baca juga: SMK-SMTI Yogyakarta Gelar Kegiatan Awal Tahun, Kuatkan Relasi Anak dan Sekolah

"Jadi SRA ini adalah bagaimana ketika anak belajar di sekolah merasa aman, nyaman, betah, dan senang dalam mengikuti pembelajaran, serta memastikan tidak ada tekanan fisik maupun psikis yang terjadi baik antar siswa, guru, dan lingkungan sekolah," katanya, Selasa (26/07/2022).

Selain itu, infrastruktur di sekolah juga harus ramah anak .

Artinya sarana dan prasarana yang disediakan tidak membahayakan dan melindungi anak

Agar tercipta SRA, diperlukan sinergi lintas sektor. Selain kolaborasi antar OPD, diperlukan sinergi dengan sekolah, tak terkecuali orangtua/ wali siswa. 

"SRA merupakan bentuk kerjasama lintas sektor secara menyeluruh dari pemerintah, sekolah, lembaga, dan masyarakat yang mempunyai program berbasis sekolah dalam melindungi hak anak di satuan pendidikan,"ungkapnya. 

Ia menambahkan komitmen dari semua pihak juga dibutuhkan. Pasalnya komitmen tersebut yang membuat predikat SRA dipertahankan. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved