Gesekan Suporter Sepak Bola

Kabar Terbaru Kasus Gesekan Suporter di Jogja, Komentar Ketum Asprov PSSI DIY

Oknum suporter Persis diduga melakukan provokasi di kawasan Tugu Yogyakarta bahkan sempat terjadi gesekan dengan warga di kawasan Jalan Gejayan.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Iwan Al Khasni
TRIBUN JOGJA/TAUFIQ SYARIFUDIN
Polisi tampak berjaga di Flyover Janti setelah ada keributan suporter, Senin (25/7/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM- Ketum Asprov PSSI DIY Ahmad Syauqi Soeratno, menyayangkan kerusuhan yang terjadi di sejumlah titik di Yogyakarta saat oknum suporter Persis Solo melintas untuk menyaksikan laga kontra Dewa United di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/7/2022).

Seperti diketahui, oknum suporter Persis Solo diduga melakukan provokasi di kawasan Tugu Yogyakarta bahkan sempat terjadi gesekan dengan warga di kawasan Jalan Gejayan.

"Terkait dengan kerusuhan kelompok suporter dari luar Kota Jogja, kami Asprov PSSI DIY menyayangkan hal tersebut. Kondisi persepakbolaan sekarang yang mulai kita jaga agar selalu kondusif, ternoda justru oleh kelompok dari luar DIY," ujar Ahmad Syauqi Soeratno, Selasa (26/7).

"Beberapa kejadian di Sleman maupun di Kota Jogja menunjukkan bahwa hal semacam ini harus selalu diwaspadai," tambah dia.

Lebih lanjut, Syauqi meminta kepada aparat keamanan agar dapat bertindak dengan tegas mengusut setiap pelaku yang terindikasi melakukan provokasi sehingga masyarakat Jogja dan sekitarnya bersikap terhadap kerusuhan yang terjadi yang diakibatkan oleh kelompok dari luar.

Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno.
Ketua Umum (Ketum) Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno. (istimewa)

"Selain itu kami ingin sampaikan apresiasi kepada Kepala Daerah Kota Surakarta yang telah mengambil sikap dengan cepat, telah meminta maaf, siap mengganti segala kerugian dan saya baca di medsos beliau akan memblacklist kelompok-kelompok suporter yang berlaku tidak tertib seperti itu," kata Syauqi.

"Mari kita jaga sepak bola kita, kita pastikan sepak bola ini dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat, menjadi kegembiraan, kenyamanan dan akhirnya ini menjadi hiburan yang positif untuk kita semua," imbuhnya.

Syauqi pun mengaku telah menjalin komunikasi dengan Ketum Asprov PSSI Jawa Tengah, Yoyok Sukawi untuk menyamakan persepsi.

"Alhamdulillah Pak Yoyok Sukawi bersama dengan jajarannya menyepakati bahwa seharusnya hal semacam itu tidak boleh terjadi lagi. Kami akan bertemu, berkoordinasi lebih intensif untuk mencegah seminimal mungkin kejadian semacam itu tidak terjadi lagi dikemudian hari,"

Semoga ini semua menjadi pelajaran bagi kita mari kita niatkan sepak bola sebagai sarana persahabatan, persaudaraan dan bukan sarana yang menakutkan yang justru membuat kita saling terpisahkan satu sama lain," ujar dia.

Sebelumnya, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah mengantongi nama-nama oknum Suporter Persis Solo yang terekam dalam video saat lewat di Kota Jogja sehingga terjadi gesekan.

Terkait kejadian kemarin, Gibran mengaku sudah meminta manajemen Persis Solo untuk lebih selektif dalam penjualan tiket.

"Sudah mengantongi (pelaku), videonya sudah sangat jelas sekali nanti akan ditindaklanjuti oleh yang berwajib dan saya sudah memerintahkan manajemen Persis Solo untuk sangat selektif dalam penjualan tiket," kata Gibran, Selasa (26/7/2022).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (TribunSolo.com/Tara Wahyu NV)

Dirinya mengaku sudah mengetahui siapa saja pelaku bahkan juga dari kelompok mana mereka berasal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved