AWAS! Hipertensi Juga Bisa Memicu Gagal Ginjal, Begini Langkah Pencegahannya

Dipercayai bahwa tekanan darah tinggi mentransmisikan ke pembuluh darah ginjal kecil yang rapuh dan rapuh mengakibatkatkan kerusakan ginjal

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam beberapa dekade terakhir, hipertensi telah muncul sebagai penyebab utama masalah kesehatan di seluruh dunia.

Penyebab utama kematian dan kecacatan seperti penyakit kardiovaskular (serangan jantung dan gagal jantung), gagal ginjal, dan stroke dipicu oleh hipertensi sebagai salah satu penyebab utama.

Prevalensi hipertensi telah meningkat di seluruh dunia dan juga di India.

Dalam sebuah survei besar di India baru-baru ini, Survei Kesehatan Tingkat Distrik (DLHS4) telah melaporkan hipertensi pada 25,3 persen orang dewasa di India dengan prevalensi yang lebih besar pada pria dibandingkan dengan wanita dan perbedaan pedesaan perkotaan yang sempit.

Dalam survei ini hipertensi didefinisikan sebagai BP = 140 dan / atau = 90 mmHg dan persentase ini akan diterjemahkan menjadi 20,7 crores orang dengan hipertensi di India.

Baca juga: Cegah Sebelum Parah, Ini 10 Tanda-tanda Ginjal Anda Mulai Bermasalah

Satu fakta yang mengejutkan adalah bahwa sebagian besar pasien tidak memiliki gejala, sehingga peluang intervensi awal dengan modifikasi gaya hidup atau oleh obat-obatan terlewatkan.

Ginjal adalah penyebab sekaligus korban hipertensi

Tekanan darah tinggi adalah faktor kunci yang berkontribusi terhadap penurunan fungsi ginjal.

Sebaliknya, penyakit ginjal juga muncul akibat dari pengobatan hipertensi yang tak maksimal.

Hipertensi di seluruh dunia adalah penyebab utama Gagal Ginjal Akhir Stadium (yang membutuhkan hemodialisis atau transplantasi ginjal untuk bertahan hidup).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved