Berita Jogja Hari Ini

Sri Sultan HB X Tegaskan Tak Akan Beri Bantuan Hukum Pada Tersangka Korupsi Stadion Mandala Krida

Saat dimintai tanggapan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan sepenuhnya proses hukum terkait upaya penyelidikan yang dilakukan KPK. 

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan tiga tersangka perkara dugaan tindak pidana korupsi pengerjaan pembangunan Stadion Mandala Krida di Kota Yogyakarta

Ketiga tersangka tersebut adalah EW yang saat itu menjabat Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) DIY; SGH selaku Dirut PT A; dan HS yang menjabat Dirut PT PNN dan PT DMI. 

Saat dimintai tanggapan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyerahkan sepenuhnya proses hukum terkait upaya penyelidikan yang dilakukan KPK. 

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jogja Meningkat Hantui PTM Sekolah, Orangtua Siswa: Jangan Belajar Daring Lagi

Raja Keraton Yogyakarta ini pun menegaskan tak akan memberi bantuan hukum kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemda DIY yang terlibat korupsi maupun tindak pidana lainnya. 

"Saya tidak akan membantu kalau mereka melakukan tindakan yang melanggar sumpahnya sendiri, ya berproses saja. Terbukti atau tidak itu urusan pengadilan," kata Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Jumat (21/7/2022) malam. 

Sri Sultan HB X menganggap pemerintah telah memiliki sistem pencegahan korupsi yang baik. 

Baca juga: Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro di Antara 12 Pelatih Asing dan 5 Pelatih Lokal Liga 1

Hanya saja memang ada oknum yang selalu berniat untuk mengakalinya sehingga kasus korupsi masih saja terjadi. 

"Kalau sudah nduwe karep (punya niat) yo susah gimana akan bisa kan sistem pertanggung jawaban sudah berproses yang jelas kalau memang mau punya karep lebih limpat (melebihi) daripada orang yang ngawasi," ujar Sri Sultan HB X. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved