Mengapa Gula Darah Bisa Meningkat? Inilah Hubungan Hiperglikemia dan Diabetes yang Wajib Kamu Tahu

Ketika sel-sel tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, kadar gula darah meningkat. Di sinilah terlihat hubungan gula darah tinggi dan diabetes

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
grid.id
Ilustrasi : Kaitan antara Gula Darah dan diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Gula darah tinggi kerap menjadi tanda atau salah satu ciri Diabetes Mellitus (DM). Mengapa gula darah bisa meningkat, berikut hubungan antara Hiperglikemia dan Diabetes yang penting kamu ketahui. 

Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes
Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes (diabetes.co.uk)

Sebagaimana diketahui bahwa diabetes ditandai dengan kadar gula darah tinggi.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika produksi insulin tidak mencukupi atau resistensi terhadap tindakan insulin.

Dua kondisi tersebut membuat diabetes berkembang, yaitu ketika gula darah mengalami peningkatan atau tinggi.

Sebagai contoh, saat seseorang mengonsumsi karbohidrat, tubuh memecahnya menjadi gula sederhana yang masuk ke aliran darah.

Baca juga: Waspada Diabetes: Kenali Ukuran Normal Gula Darah Anda, Pengobatan Terbaik Selagi Masih TGT dan IFG

Selanjutnya, pankreas akan melepaskan insulin. Adapun insulin merupakan hormon yang memungkinkan sel-sel tubuh menyerap dan menggunakan gula dari darah untuk menghasilkan energi.

Namun tatkala tubuh tidak membuat insulin, atau ketika sel-sel tidak dapat menggunakan insulin dengan benar, kadar gula darah meningkat. Nah, di sinilah terlihat hubungan antara gula darah tinggi dan diabetes, Tribun Jogja melansir dari ulasan medicalnewstoday.

Waspada diabetes

Ketika kadar gula darah seseorang lebih tinggi dari normal - pradiabetes - kondisi inilah saat di mana orang berisiko terkena diabetes.

Penting diketahui, dokter cenderung mendiagnosis pradiabetes pada kadar glukosa puasa 100 miligram per desiliter (mg/dl) dan diabetes pada 126 mg/dl.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved