Begini Tips Investasi di Tengah Situasi Ekonomi yang Tak Menentu dari Pakar UGM, Kenali Instrumennya

Pengamat perbankan, keuangan, dan investasi dari Universitas Gadjah Mada, I Wayan Nuka Lantara MSi PhD, membagikan tips berinvestasi di tengah situasi

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
pixabay.com
ilustrasi investasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM - Investasi merupakan salah satu cara menyiapkan keuangan di masa depan. Saat ini banyak ragam investasi yang ditawarkan dengan berbagai keuntungan dan risiko masing-masing. 

Lalu, produk investasi seperti apa yang aman untuk dipilih? Terlebih di tengah kondisi ekonomi global yang saat ini tak menentu.

Pengamat perbankan, keuangan, dan investasi dari Universitas Gadjah Mada, I Wayan Nuka Lantara MSi PhD, membagikan tips berinvestasi di tengah situasi ekonomi yang tak menentu dan agar terhindar dari penipuan. 

Wayan menyebutkan ada empat komponen utama dalam berinvestasi yang perlu diperhatikan.

Pertama, kenali instrumen investasi. 

Baca juga: Dinas Pariwisata Gunungkidul Berencana Membentuk Asosiasi Kepemanduan Gua

Carilah informasi terkait investasi yang akan diambil baik melakui testimoni pengguna maupun sumber kredibel seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga diperoleh informasi yang memadai. 

"Pahami informasinya sedetail mungkin, pahami karakteristik produknya," terangnya, Selasa (19/7/2022).

Kedua, cek kemampuan diri. Menurutnya, berinvestasi harus menyesuaikan dengan tujuan dan kemampuan diri secara finansial.

"Cek dengan profil risiko kita. Misal menjelang pensiun lalu ambil investasi dalam bentuk bit coin ini tidak cocok karena waktu tinggal berapa tahun pensiun dan terlalu berisiko kan bahaya," papar Dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UGM ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved