Berita Kulon Progo Hari Ini

Sebanyak 2.315 Siswa dan Tendik di 61 Sekolah di Kabupaten Kulon Progo Bakal Jalani Surveilans PTM

Sebanyak 2.315 siswa dan tenaga pendidik (tendik) di 61 sekolah dari seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Kulon Progo bakal menjalani surveilans

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Jubir Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati saat jumpa pers di Kantor Dinkes setempat, Senin (18/7/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 2.315 siswa dan tenaga pendidik (tendik) di 61 sekolah dari seluruh jenjang pendidikan di Kabupaten Kulon Progo bakal menjalani surveilans epidemiologi pembelajaran tatap muka ( PTM ). 

Kegiatan ini berlangsung selama 15 hari terhitung sejak 19 Juli 2022.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan surveilans di satuan pendidikan (satpen) dilakukan sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri.

Baca juga: Kisah Rumah Berusia 2 Abad di Tebing Watugupit Gunungkidul

Yakni Menteri Pendidikan dan Menteri Keagamaan Nomor 408 tahun 2022 serta Menteri Kesehatan Nomor 1140 tahun 2022.

Adapun surveilans sudah tiga kali dilakukan. Tahap pertama digelar pada November 2021, Kedua pada Februari 2022 dan Ketiga akan dimulai 19 Juli - 2 Agustus 2022.

"Jadi konsepnya masih sama sekitar 10 persen dari satpen yang ada di wilayah. Surveilans PTM tahap ketiga nanti akan dilakukan ke 61 sekolah. Rinciannya 10 SMA/K, 9 SMP, 41 SD dan 1 SLB," jelas Baning saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Kulon Progo, Senin (18/7/2022).

Dengan perhitungan 10 persen di setiap satpen maka akan ada 30 siswa dan 3 tendik di satu sekolah yang akan di surveilans. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan informasi besaran prevalensi kasus covid-19 di masyarakat. 

Pasalnya, besaran prevalensi surveilans pada tahap pertama didapatkan positivity rate 4,24 persen. Kemudian tahap kedua naik dua kali lipat menjadi 8,78 persen. 

Baca juga: Mini Fun Run di Wisdom Park UGM Hadir untuk Kenalkan Obyek Wisata di Kabupaten Sleman 

"(Dari surveilans ketiga) nanti kita akan tahu sejauh mana posisi kasusnya. Sekarang ini kasusnya turun apakah sebenarnya memang turun atau banyak yang tanpa gejala. Kita tunggu hasilnya semoga kenaikannya tidak terlalu tinggi. Itu (hasil surveilans) bisa kita gunakan untuk mengetahui situasi yg ada di Kulon Progo," kata Baning. 

Selain surveilans, satuan tugas (satgas) covid-19 juga melakukan survei perilaku terhadap pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di sekolah dan survei antibodi bagi warga sekolah. 

"Jadi tendik dan siswa yg terpilih sebagai sampling itu juga akan kita coba tes antibodi dengan rapid tes antibodi. Untuk mengetahui apakah antibodi terbentuk atau tidak dengan tes antibodi," ucapnya. (scp)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved