Breaking News:

Piala Raja Sprint Rally

Panitia Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran 2 Siapkan Lebih Banyak Both UMKM Lokal

RM Gustilantika Marrel Suryokusumo menyatakan perkembangan UMKM di wilayah Sleman utara jadi fokus pertama penyelenggara Piala Raja Sprint Rally Jogja

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Salah satu pembalap beraksi di Sirkuit Donokerto Jogja Rally Course 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Selain merupakan ajang olahraga otomotif, gelaran balap reli Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 Putaran 2 yang bakal digelar 13-14 Agustus mendatang di track Donokerto Jogja Rally Course, juga memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bagi UMKM lokal, khususnya di wilayah Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman.

Inisiator Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022, RM Gustilantika Marrel Suryokusumo menyatakan perkembangan UMKM di wilayah Sleman utara menjadi titik fokus pertama dari pihak penyelenggara untuk manfaat dari gelaran balap putaran 2 ini.

Hal tersebut diwujudkan dengan memberikan ruang yang lebih luas dan lokasi yang lebih strategis di komplek Track Donokerto Jogja Rally Course, Gunung Anyar, Donokerto, Turi, Sleman agar lebih mudah diakses oleh pengunjung.

"UMKM di Sleman utara terutama di Donokerto ini, kan, banyak sekali. Jadi pengennya UMKM ini tetap kita libatkan. Rencananya kami akan memindahkan lokasi (both) UMKM ke tempat yang lebih strategis di event. Kami ingin event ini tidak cuma soal balapan, jadi ini bentuknya sebuah festival. Jadi orang datang ke sini bisa untuk piknik bersama keluarganya. Jalan- jalan sama keluarganya, dan nonton balap sebagai bonusnya. Kita pengen bikin rasa festival," jelas Marrel disela kegiatan latihan bersama 12 tim sprint rally DIY di Track Donokerto Rally Course, Senin (11/7/2022).

Selain itu, lanjut Marrel, penyelenggaraan kejuaraan sprint rally di daerah yang digelar secara rutin diharapkan mampu merangsang perkembangan UMKM lokal yang bergerak di bidang otomotif.

Baca juga: Donokerto Jogja Rally Course 2022 Putaran 2 Gunakan Petugas Marshal Lokal

Baca juga: Marrel Supervisi Langsung Donokerto Jogja Rally Course 2022 Putaran 2

Pasalnya, menurut Marrel, sebagian besar kebutuhan tim- tim tersebut seperti suku cadang, jasa bubut, dipasok oleh pengrajin dan bengkel lokal.

"Selain itu, bidang- bidang pendukung lainnya seperti jasa persewaan kendaraan towing untuk mengakut mobil balap, bengkel bubut dan sejenisnya juga ikut bergeliat. Jadi dengan event seperti ini, selain pembalap lokal mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan, kami berharap industri- industri kecil pendukungnya juga ikut mendapatkan manfaat," imbuh Marrel.

Penjelasan Marrel tersebut dipertegas oleh Yuda Mahesa Sidharta dari Gumregah Jogja Motorsport selaku Ketua Penyelenggara Piala Raja Sprint Rally Jogja 2022 - Putaran 2.

Menurut Yuda, bila pada balapan putaran 1 lalu pihaknya menyediakan 26 both bagi UMKM dan brand lokal, maka pada gelaran putaran 2 ini pihak penyelenggara menyiapkan 50 both atau hampir dua kali lipat dari penyelenggaraan sebelumnya.

"Melihat antusiasme penonton saat (balapan) putaran 1 yang lalu, maka pada putaran 2 panitia menambah jumlah ruang bagi UMKM dan brand lokal untuk menampilkan produk- produk andalannya ke penonton yang datang," kata Yuda.

Yuda berharap, seluruh rangkaian gelaran balap reli Donokerto Jogja Rally Course 2022 ini dapat terselenggara dengan baik dan memberi dampak positif secara ekonomi bagi masyarakat lokal. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved