Berita Bisnis Hari Ini

Tingkatkan Literasi Nasional, Pemerintah Kirim 4.085.586 Eksemplar Buku ke Daerah 3T

PT Gramedia ditunjuk sebagai perusahaan yang mencetak buku, sedangkan PT Pos Indonesia ditunjuk untuk pendistribusian buku ke daerah 3T

Istimewa
Tingkatkan Literasi Nasional, Pemerintah Kirim 4.085.586 Eksemplar Buku ke Daerah 3T 

TRIBUNJOGJA.COM - Mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN), Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) meluncurkan program  pencetakan dan pengiriman buku pengayaan pendukung ke daerah tertinggal, terdepan,  terluar (3T) regional satu untuk wilayah Sumatera. 

PT Gramedia ditunjuk sebagai perusahaan yang mencetak buku, sedangkan PT Pos Indonesia ditunjuk untuk  pendistribusian buku ke daerah 3T.  

Sebanyak 560 judul yang terdiri atas 540 judul buku SD dan 20 judul buku PAUD  dikirimkan dari perusahaan percetakan PT Gramedia berkolaborasi dengan Pos  Indonesia untuk pengiriman ke daerah 3T regional satu. 

Total buku yang dikirimkan ke 41 kabupaten/kota regional empat ini mencapai 4.038.946 eksemplar untuk buku SD  serta 46.640 eksemplar untuk buku PAUD. 

Seluruh anggaran berasal dari Bagian  Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu).  

Merujuk pada hasil "Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Buku Bermutu bagi Anak", yang  diselenggarakan oleh Kemendikbudristek pada bulan September 2021; disimpulkan  bahwa ada tiga prinsip utama buku bermutu bagi anak yaitu 1) buku yang anak benar benar ingin baca, bukan buku yang orang dewasa pikir anak ingin baca; 2) buku yang  bervariasi tema dan ceritanya; serta 3) buku yang sesuai dengan jenjang pembacanya.

Ketersediaan buku-buku yang sesuai, terutama usia dini dan SD akan membantu  meningkatkan minat baca pada anak sejak dini.  

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M.A.,  Ph.D., mengatakan bahwa dalam mewujudkan misi mencerdaskan kehidupan bangsa di  seluruh Indonesia, Badan Bahasa berkomitmen untuk memfasilitasi dengan ketersediaan  sarana yang ada. 

Diharapkan buku-buku yang telah dicetak ini dapat sampai di tempat  tujuan dengan tepat waktu, tepat sasaran, dan aman.  

“Selain itu, diharapkan buku-buku ini betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik oleh  anak didik kita, supaya dapat meningkatkan minat baca, nilai kemampuan literasi, serta  bahasa guna mencetak generasi yang unggul, cerdas, berkarakter, sejalan dengan Profil  Pelajar Pancasila,” ujar Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D. di Cikarang, Selasa (12/7/2022). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved