Tips Kesehatan

Tak Semua Pasien Diabetes Perlu Batasi Karbohidrat, Simak Tips Kesehatan Ini agar Gula Darah Stabil

Tips kesehatan dirilis American Diabetes Association (ADA) memberikan petunjuk bagaimana asupan karbohidrat yang tepat agar kadar gula darah stabil

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
(simpson33)
ilustrasi diabetes - Tips kesehatan mengonsumsi karbohidrat bagi pasien diabetes agar gula darah tetap stabil 

TRIBUNJOGJA.COM - Karbohidrat yang masuk bersama makanan akan diubah menjadi glukosa. Walau demikian, ternyata tidak semua pasien diabetes perlu membatasi asupan karbohidrat.

Tips kesehatan dirilis American Diabetes Association (ADA) memberikan petunjuk bagaimana asupan karbohidrat yang tepat agar kadar gula darah tetap stabil. 

Anggapan bahwa asupan karbohidrat yang kita konsumsi berpengaruh pada kadar gula dalam darah bisa jadi benar.

Namun, berdasarkan ADA, pola makan karbohidrat sangat menentukan. ADA dulu merekomendasikan agar penderita diabetes mendapatkan sekitar 45 persen kalori mereka dari karbohidrat.

Berapa banyak karbohidrat yang diperlukan?

ilustrasi
ilustrasi (today.com)

ADA kini mempromosikan pendekatan individual di mana asupan karbohidrat ideal Anda harus memperhitungkan preferensi diet dan tujuan metabolisme Anda.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS juga merekomendasikan agar penderita diabetes mengonsumsi karbohidrat setengah dari asupan kalori yang mereka butuhkan,

Apabila Anda biasa makan 1800 kalori setiap hari. Maka Anda harus mendapatkan sekita 800 hingga 900 kalori tersebut dari karbohidrat.

Penting untuk mencoba makan dengan jumlah karbohidrat yang sama setiap kali makan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil sepanjang hari.

Karena karbohidrat meningkatkan gula darah, menguranginya sampai batas tertentu dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved