Berita Sleman

Pentingnya Tanamkan Wawasan Kebangsaan di Kabupaten Sleman

Nilai-nilai yang hadir tersebut menjadi panduan dan pedoman bagi seluruh bangsa Indonesia untuk membangun jati diri atau karakter bangsa.

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa 

Oleh

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa

Wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945.

Sehingga pada hakikatnya Wawasan Kebangsaan merupakan wujud dari implementasi nilai-nilai yang bersumber dari 4 konsensus dasar Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Nilai-nilai yang hadir tersebut menjadi panduan dan pedoman bagi seluruh bangsa Indonesia untuk membangun jati diri atau karakter bangsa.

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Wawasan Kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada setiap warga negara, sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pemerintah Kabupaten Sleman memandang hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting untuk
menjaga kondusifitas wilayah.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Sleman yang mendapatkan julukan “Indonesia Mini” merupakan wilayah dengan heterogenitas yang tinggi.

Penduduk di Kabupaten Sleman terdiri dari berbagai agama, golongan maupun suku bangsa yang tinggal menetap maupun sementara dikarenakan pekerjaan atau menuntut Ilmu di Kabupaten Sleman.

Dengan begitu, toleransi antar warga dibutuhkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Sleman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved