Tips Kesehatan

Waspada Diabetes, Deretan Makanan Sehari-hari Ini Bisa Bikin Kadar Gula Darah Naik

berikut penjelasan mengapa roti putih, nasi, pasta dan kentang perlu dikurangi agar gula darah tetap terjaga. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
DOK. YouTube Devina Hermawan
Sajikan bistik ayam dengan kentang goreng, buncis rebus, wortel rebus, dan tentu saja saus bistik 

TRIBUNJOGJA.COM - Roti, nasi, pasta dan kentang ternyata termasuk deretan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes. Pasalnya, makanan tinggi karbohidrat dan kurang serat ini berpotensi meningkatkan kadar gula darah

Walau demikian, ada kalanya itu tergantung cara memasaknya. Makanan yang digoreng meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit, termasuk meningkatnya kadar gula darah dan munculnya penyakit diabetes

Tribun Jogja mengutip dari Healthline via sonora, berikut penjelasan mengapa roti putih, nasi, pasta dan kentang perlu dikurangi agar gula darah tetap terjaga. 

1. Kentang goreng

Makanan digoreng bisa menghasilkan senyawa beracun yang tinggi dalam tubuh. Termasuk kentang bila digoreng sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Kentang tinggi karbohidrat. Satu kentang ukuran sedang mengandung 34,8 gram karbohidrat, 2,4 gram di antaranya berasal dari serat.

Setelah dikupas dan digoreng dengan minyak sayur, kentang tidak hanya meningkatkan gula darah Anda.

Makanan yang digoreng telah terbukti menghasilkan senyawa beracun dalam jumlah tinggi, seperti produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) dan aldehida.

Senyawa ini dapat meningkatkan peradangan dan meningkatkan risiko penyakit.

Memang, beberapa penelitian telah mengaitkan sering mengonsumsi kentang goreng dan makanan gorengan lainnya dengan penyakit jantung dan kanker.

Jika Anda tidak ingin menghindari kentang sama sekali, makan ubi jalar dalam porsi kecil adalah pilihan terbaik Anda, demikian seperti yang dilansir dari Healthline.

2. Roti putih, nasi, dan pasta

Roti putih, nasi, dan pasta adalah makanan olahan yang tinggi karbohidrat.

Makan roti, bagel, dan makanan tepung olahan lainnya telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved