Tips Kesehatan

Daftar Asupan Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes agar Tak Timbul Komplikasi Akut

Diabetes bahkan disebut penyakit kategori silent killer dan banyak diderita orang. Pemicunya di antaranya adalah naiknya kadar gula darah.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
tribun manado
Tanda dan gejala diabetes - Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes Mellitus (DM) disebut tidak bisa hilang. Perkecualian, pasien yang mengalaminya berhasil menerapkan pola hidup benar-benar disiplin sehingga membantu prosesn Pengobatan.

Kedisiplinan itu mencakup bagaimana menjaga pola makan dengan benar, dan menurunkan berat badan berlebih hingga batas normal sehingga kadar gula darah pun normal.

Diabetes bahkan disebut penyakit kategori silent killer dan banyak diderita orang. Pemicunya di antaranya adalah naiknya kadar gula darah.

Oleh karenanya, penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. 

Ilustrasi : Diabetes
Ilustrasi : Diabetes (tribunnews.com)

Baca juga: Berperan Besar dalam Pengobatan Diabetes, Ini Daftar Sayuran Penurun Gula Darah Menurut Penelitian

Bicara soal penyakit diabetes, penyakit ini dikabarkan membuat almarhum komedian Rini S Bon Bon harus berjuang keras bertahun-tahun. 

Pelawak senior yang pernah melejit di era 90an itu dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (10/7/2022) pukul 17.00 WIB. Rini S Bon Bon meninggal dunia di usia 51 tahun. Ia dikabarkan telah lama berjuang melawan penyakit diabetes.

Mother of disease

Seperti diketahui bahwa diabetes melitus merupakan penyakit berbahaya bila tidak dikontrol dengan baik.

Penyakit dengan sebutan mother of disease itu bisa menyebabkan komplikasi akut dalam kurun waktu relatif singkat bahkan berakhir dengan kematian.

Diabetes umumnya ditandai dengan sering kencing (poliuri), merasa cepat lapar (polifagia), dan sering merasa haus (polidipsi).

Gejala lain, yaitu berat badan cepat menurun tanpa penyebab jelas, kesemutan, bisul hilang timbul, luka sulit sembuh, gatal di daerah kemaluan wanita, keputihan pada wanita, impotensi pada pria, cepat mengantuk, cepat lelah, dan penglihatan kabur, laporan sonora dikutip Tribun Jogja.

Ada beberapa jenis makanan yang patut diwaspadai bila menderita diabetes. Mengutip dari sumber yang sama, makanan yang perlu diwaspadai itu antara lain:

- Makanan tinggi karbohidrat

- Sumber lemak trans dan jenuh

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved