Idul Adha Tahun 2022

Kenapa Hari Idul Adha 1443 H di Indonesia Beda dengan Arab Saudi?

Hari Raya Idul Adha di Indonesia itu berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Christina ASSI / AFP
Menara Abraj Al-Bait juga dikenal sebagai Mekah Royal Hotel Clock Tower, terlihat dari Jabal al-Noor atau 'Gunung Cahaya' yang menghadap ke kota suci Mekah, saat seorang peziarah Muslim digambarkan di latar depan, pada 5 Juli, 2022. 

Tribunjogja.com Jakarta - Hari Raya Idul Adha 1443 H di Indonesia jatuh pada Minggu 10 Juli 2022.

Hari Raya Idul Adha di Indonesia itu berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022.

Kenapa beda hari?

Berikut adalah penjelasan dari Kementerian Agama (Kemenag) dikutip dari siaran pers yang diterima Tribunjogja.com :

Perbedaan waktu itu disebabkan karena letak Arab Saudi lebih barat dari Indonesia.

“Waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam, sehingga hilal justru mungkin terlihat di Arab Saudi,” terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama, Adib.

Semakin ke arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan semakin mudah dilihat.

Sementara letak geografis Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia sehingga pada tanggal yang sama posisi hilal di sana lebih tinggi.

Idul Adha 1443 H Jatuh Tanggal Berapa? Berikut Penjelasan Pemerintah Indonesia

“Jadi kurang tepat jika memahami karena Indonesia lebih cepat 4 jam dari Arab Saudi, maka Indonesia mestinya melaksanakan Hari Raya Idul Adha 1443 H juga lebih awal. Jelas pemahaman ini kurang tepat,” katanya.

Adib mengatakan, berdasarkan data hisab, pada akhir Zulkaidah 1443 H, ketinggian hilal di Indonesia antara 0 derajat 53 menit sampai 3 derajat 13 menit dengan elongasi antara 4,27 derajat sampai 4,97 derajat.

“Sementara pada tanggal yang sama, posisi hilal di Arab Saudi lebih tinggi dengan posisi yang ada di Indonesia. Jadi kemungkinan hilal terlihat di Arab Saudi sangat besar,” jelas mantan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat ini. ( Tribunjogja.com )

Apakah Kurban Itu? Jawaban Nabi Muhammad SAW Ketika Ditanya Keutamaan

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved