Breaking News:

Bocoran Spek Motor Baru Skutik Honda ADV 160

Skutik adventure ini kabarnya mendapat sejumlah ubahan dari sisi desain dan dapur pacu

Istimewa
Ilustrasi: Bocoran Spek Motor Baru Skutik Honda ADV 160 

TRIBUNJOGJA.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor baru skutik Honda ADV 160.

Sebelum waktu peluncurannya, Honda mulai mengumbar bocoran fitur dari skutik petualang ini.

Dilansir dari Instagram resmi AHM, @welovehonda_id (30/6/2022), tampak video berdurasi 15 detik yang menampilan sedikit bagian dari ADV 160.

Paling menarik adalah cuplikan yang memperlihatkan panel intrumen motor tersebut, di mana terlihat layar LCD negatif display dengan takometer dan indikator kontrol traksi di dalamnya.

Meskipun sudah mengusung model digital, takometer yang berada di sebelah kiri masih menggunakan motif jarum, dengan red line sampai 10.000 rpm.

Adapun di bagian tengah terdapat indikator kecepatan dalam km per jam. Kemudian di bagian atas terdapat indikator jam, sementara di bawah ada fuel bar BBM.

Sedangkan di sebelah kanan atas, tampaknya indikator tegangan aki. Adapun di bagian kanan rata-rata konsumsi bahan bakar, serta di bagian kanan bawah merupakan indikator fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Seperti diketahui, fitur HSTC berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi ada perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Saat ini, HSTC bisa ditemui pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR1000RR, X-ADV 750, Forza 250, dan paling terakhir PCX 160.

Skutik adventure ini kabarnya mendapat sejumlah ubahan dari sisi desain dan dapur pacu.

Seperti diketahui, Honda telah menghadirkan Vario 160 yang dibangun berdasarkan PCX 160. Opsi kelahiran ADV 160 bakal mengacu pada PCX 160 juga, pasalnya konsep common parts sharing pada level manufaktur sudah lazim dilakukan semua pabrikan otomotif.

Jika benar demikian, All New ADV 160 akan menggunakan mesin yang sama dengan kode eSP+, yaitu peningkatan jumlah klep dari 2 klep menjadi 4 klep.

Kemudian, peningkatan juga terlihat dari kapasitas mesin, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc, dengan ukuran (bore x stroke) 60,0 x 55,5 mm, serta rasio kompresi 12:1.

Mengacu spesifikasi di atas kertas, tenaga mesin tersebut bisa mencapai 15,8 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 6.500 rpm. (*)

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved