9 Langkah Memilih Sepatu Berkendara Offroad yang Aman dan Benar

Johannes Lucky, Manajer Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, penggunaan sepatu yang benar menjadi syarat mutlak pengendara

Istimewa
Ilustrasi: 9 Langkah Memilih Sepatu Berkendara Offroad yang Aman dan Benar 

TRIBUNJOGJA.COM - Sepatu menjadi pengaman yang penting saat Anda berkendara offroad.

Bagaimana tips memilih sepatu offroad yang baik dan benar 

Johannes Lucky, Manajer Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, penggunaan sepatu yang benar menjadi syarat mutlak pengendara untuk berkendara offroad. 

”Hal ini untuk mencegah cedera pada kaki pengendara akibat terjatuh atau tertimpa kendaraan,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Lucky memberikan beberapa saran dan tips untuk memilih sepatu offroad, yang sesuai dengan ketentuan, sekaligus aman digunakan.

1. Pilih sepatu sesuai dengan kondisi trek. Sepatu untuk trek tanah dan batu berbeda. Saat melaju di trek tanah, usahakan memakai sepatu dengan sol yang tebal dan bergerigi. Sementara untuk trek berbatu, gunakan sepatu dengan sol yang memiliki lekukan mirip dengan sepatu gunung.

”Jika medan yang dilalui kombinasi bertanah dan berbatu, maka sol sepatu dengan tipe kombinasi bergerigi dan memiliki lekukan adalah pilihan terbaik. Pemilihan sol yang benar, sepatu dapat mencengkram dengan baik di medan yang dilalui,” jelas Lucky.

2. Sepatu dapat melindungi bagian tulang kering atau tulang betis dengan baik. Hindari memilih sepatu offroad yang terlalu tipis, sehingga tidak dapat mengurangi dampak negatif apabila kaki pengendara terjepit kendaraan atau terkena benda asing seperti batang pohon, batu dan lain-lain.

3. Tidak terlalu lentur, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah pada persendian bila pengendara tergelincir atau terjatuh saat berkendara.

4. Gunakan sepatu dengan pengunci tipe ”Strap” dengan ”Buckle” yang kuat, sehingga dapat menghindari potensi sepatu terbuka atau terlepas saat melewati medan yang sulit dan dapat disesuaikan kekencangannya. Hindari sepatu offroad yang menggunakan tali sebagai pengikatnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved