Dari Gunung Sampai di Laut, Koneksi Internetnya Sama-sama Ngebut

Smartfren Unlimited Nonstop layak menjadi teman liburan yang memberikan koneksi internet bebas worry baik di laut maupun di gunung

Tribun Jogja
Menjajal koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di kawasan pantai selatan di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. 

SMARTFREN bisa menjadi teman jalan-jalan yang bisa diandalkan saat liburan ke Yogyakarta. Tak peduli di gunung maupun di laut, koneksi internetnya sama-sama ngebut. Anda tak perlu khawatir, aplikasi apapun di hanphone bisa dijalankan berkat stabilnya koneksi internet.

Tribunjogja.com menjajal langsung seberapa bagus koneksi jaringan internet Smartfren di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Terutama di titik-titik lokasi wisata yang menjadi lokasi favorit para wisatawan.

Sebab, koneksi internet di bebarapa lokasi wisata yang jauh dari kota seringkali buruk. Buruknya koneksi internet ini membuat smartphone seolah menjadi stupidphone

Jelas ini bisa membuat wisatawan tak nyaman di tengah era digital.

Dinas Pariwisata (Dispar) DIY sebenarnya telah melakukan upaya untuk membantu konektivitas di wilayah yang kurang mendapat jangkauan sinyal.

Baca juga: Smartfren Luncurkan Kartu Perdana Smartfren Gaming Bagi Penggemar Esports

Sebab di beberapa daerah DIY memang masih ada wilayah yang belum terjangkau sinyal.

"Sehingga sekarang ini tengah kami kembangkan segi konektivitasnya agar lebih memudahkan pengelola dan juga wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo.

Singgih mengatakan, masalah sinyal ini penting agar pelaku wisata dan juga event wisata bisa diselenggarakan di tempat-tempat wisata yang ada di DIY.

Sinyal di Laut Selatan

Tribunjogja.com menjatuhkan pilihan pada kartu perdana Smartfren Unlimited Nonstop sebagai teman jalan-jalan. Smartfren Unlimited Nonstop diklaim cocok bagi mereka yang kegiatan sehari-harinya mengandalkan koneksi internet

Tak sulit untuk mendapatkannya. Banyak tersedia di konter-konter pulsa di Yogyakarta.

Setelah kartu perdana Smartfren Unlimited Nonstop diaktifkan, tribunjogja.com langsung bergegas menuju ke laut selatan di Kabupatan Bantul, DI Yogyakarta. 

Baca juga: Beli Paket Smartfren Unlimited Bisa Lewat Facebook

Tepatnya di kawasan Pantai Parangtritis. Setiap tahunnya, tempat ini selalu dikunjungi ratusan ribu wisatawan.

Pantai Parangtritis Bantul
Pantai Parangtritis Bantul (Tribun Jogja/ Santo Ari)

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dispar Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, kunjungan wisata akhir pekan saat libur sekolah pada tanggal 17-19 Juni 2022 tercatat ada 31.670 orang.

“Angka itu naik 1,9 persen dibandingkan pekan sebelumnya, yakni  tanggal 10-12 Juni 2022 dengan jumlah pengunjung 31.061 orang,” katanya.

Tentu saja para wisatawan ini butuh koneksi internet. Entah untuk berkomunikasi, update status di medsos, live streaming, mengunduh dan mengirim dokumen, atau transaksi perbankan.

Seberapa bagus sinyal Smartfren di kawasan Pantai Parangtritis ini ? Mengingat lokasinya cukup jauh.

Yakni sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta dan 17 km dari pusat Kabupaten Bantul. 

Tribunjogja.com kemudian melakukan tes uji kecepatan internet Smartfren Unlimited Nonstop menggunakan speedtest.net.

Hasilnya sangat bagus. Kecepatan mengunduhnya sebesar 27 Mbps dan kecepatannya menguploadnya hampir 10Mbps. 

Tangkapan layar hasil uji koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di kawasan pantai selatan
Tangkapan layar hasil uji koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di kawasan pantai selatan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta

Apa yang bisa dilakukan dengan kecepatan koneksi internet Smartfren tersebut?

Tribunjogja.com coba mempraktikkannya langsung dari pinggir pantai sambil menyeruput kopi. 

Pertama, menggunakan laptop yang dihubungkan dengan hotspot ponsel yang menggunakan Smartfren Unlimited Nonstop. 

Kegiatan browsing, membuka email, instagram, facebook, hingga tiktok semuanya lancar. Demikian juga saat memutar video di youtube, normal tanpa buffering. 

Download video dari email dan mempostingnya di media sosial bahkan sangat cepat.

Kedua, menggunakan ponsel. Tribunjogja.com coba melakukan siaran live streaming sekitar 10 menitan di youtube. Tak ada masalah, sinyal lancar tanpa putus, tanpa buffering.

Update status berupa video di instagram, facebook dan tiktok juga sangat cepat meskipun filenya berukuran belasan megabyte. 

Tak sampai di sini, tribunjogja.com menjajal berbelanja minuman dan makanan ringan di toko berjejaring di kawasan Parangtirtis. 

Namun tidak menggunakan uang cash, melainkan menggunakan uang eletronik lewat QRIS.

Koneksi internet Smarfren sangat lancar antilemot, mulai dari membuka aplikasi hingga melakukan pembayaran menscan barcode. 

“Terimakasih sudah berbelanja di tempat kami,” kata kasir di toko tersebut.

sinyal smartfren di parangtritis
Menjajal berbelanja minuman dan makanan ringan di toko berjejaring di kawasan Pantai Parangtirtis memakai uang elektronik di aplikasi mengandalkan koneksi internet Smartfren.

Sinyal di Gunung

Penasaran, tribunjogja.com kemudian berpindah membawa Smartfren dari laut ke gunung di Kawasan Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. 

Kawasan Gunung berapi yang paling aktif di dunia ini ini juga selalu menjadi jujukan wisatawan dalam dan luar negeri.

Jaraknya sekitar 23 km dari pusat Kota Yogyakarta. Di sini wisatawan bisa menikmati lava tour naik jip, bunker Kali Adem, petilasan Mbah Marijan, The Lost Word Castle dan lainnya.

Namun di kawasan Merapi ini terdapat sejumlah titik blank spot alias tidak ada sinyal provider.

Sejumlah Jip Wisata berbaris di jalanan membawa Wisatawan di kawasan lereng gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Senin (16/5/2022)
Sejumlah Jip Wisata berbaris di jalanan membawa Wisatawan di kawasan lereng gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Senin (16/5/2022) (TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin)

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Sleman, Suparmono, blank spot ini beberapa ada di kawasan wisata di lereng Merapi.

“Tidak adanya sinyal itu bisa menjadi masalah berbeda bagi masing-masing wisatawan. Sebabnya, beda povider daya jangkau sinyal juga berbeda,” katanya.

Bagaimana dengan Smartfren, apakah koneksi internetnya tetap stabil ?

Tribunjogja.com mencoba menjajal koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop untuk work from anywhere (WFA) sambil ngopi di Kopi Kali Petung Camp Merapi

Tempat ini adalah tempat favorit nongkrong anak muda yang jaraknya hanya sekitar 4 km dekat puncak Merapi.

Di sini, koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop menurut speedtest.net menujukkan hasil kecepatan download sebesar 2,39 Mbps dan kecepatan upload 4,09 Mbps.

Hasil uji kecepatan koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di Kawasan Gunung Merapi
Hasil uji kecepatan koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di Kawasan Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Angka kecepatan yang tak terlalu tinggi seperti saat di kawasan laut selatan di Bantul.

Lalu bisa apa dengan kecepatan koneksi internet ini ? 

Ternyata masih sangat mumpuni untuk bekerja mulai browsing, posting konten di content managemen system (CMS), facebook maupun instagram. 

Download dan posting materi video tiktok klien yang besarnya puluhan megabyte juga masih lancar. 

Bahkan masih bisa digunakan untuk memutar lagu di youtube untuk didengarkan sambil bekerja.

Saat dadakan ada rapat, koneksi tadi juga masih cukup untuk ikut zoom meeting. Bahkan saat dijajal untuk live streaming di instagram, lancar jaya. 

Dari hasil uji coba langsung ini, Smartfren Unlimited Nonstop layak menjadi teman liburan yang memberikan koneksi internet bebas worry baik di laut maupun di gunung.

Menjajal koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop di Kopi Kali Petung Camp Merapi
Menjajal koneksi internet Smartfren Unlimited Nonstop untuk work from anywhere di Kopi Kali Petung Camp Merapi.

Joseph Marthinus Gultom, Regional Head Smartfren South Central Java mengatakan, Smartfren Unlimited Nonstop bisa dipakai internetan dari lokasi mana pun, untuk aplikasi apapun selama 24 jam. 

Begitu paket ini sudah aktif, maka kita sudah bisa akses media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook; e-commerce apapun; streaming video atau lainnya.

“Buat kamu yang heavy internet user bisa langsung menikmati paket Unlimited Nonstop ini untuk upload konten video terbarumu ke YouTube, TikTok atau Instagram Reels,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved