Kisah Inspiratif

Bripka Puguh Ternyata Seorang Juara, 2.374 Trofi Lomba Burung Kicau Hiasi Dinding Rumahnya di Blora

Jumlah koleksi trofi juara lomba burung kicau yang telah Bripka Puguh miliki mencapai 2.374 piala. Anggota Polri yang bertugas di Polres Blora itu

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.COM/ARIA RUSTA YULI PRADANA
Kisah Inspiratif Anggota Polri - Bripka Puguh, anggota Polres Blora, Jawa Tengah memamerkan ribuan koleksi trofi hasil lomba kicau burung saat ditemui di rumahnya Kecamatan Jepon, Rabu (22/6/2022) 

TRIBUNJOGJA.COM - Berderet-deret piala juara lomba burung kicau menghiasai dinding rumah Bripka Puguh Agung Dwi Pambuditomo di Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Anggota Polri yang bertugas di Polres Blora itu mengoleksi piala itu sejak ia mengikuti lomba burung kicau mulai tahun 2009.

Sekitar 20 jenis burung kicau ia miliki dan dipelihara di rumahnya. Di antara berbagai burung kicau miliknya, jenis Cucak Ijo dan Murai Batu paling banyak mempersembahkan trofi juara. 

Di antaranya, Bripka Puguh mengaku ada yang terjual mencapai Rp75 juta setelah burung tersebut menyabet juara. 

Perlombaan burung yang ia ikuti mulai dari tingkatan lokal hingga nasional. Walau demikian, Bripka Puguh tetap bisa membagi waktu dan mengutamakan tugas pokoknya sebagai anggota Polri di Polres Blora

Koleksi 2.374 piala lomba burung kicau 

Kisah Bripka Puguh Agung Dwi Pambuditomo ini terbilang inspiratif. Selain sebagai anggota polisi di Satlantas Polres Blora, ternyata ia seorang juara dalam berbagai lomba burung kicau tingkat lokal hingga nasional. 

Jumlah koleksi trofi juara lomba burung kicau yang telah ia miliki mencapai 2.374 piala. "Sampai sekarang sekitar 2.374 jumlah pialanya," ucap Bripka Puguh, ditemui wartawan di rumahnya, seperti laporan kompas.com dikutip Tribun Jogja hari ini Rabu (22/6/2022).

Polisi berpangkat Bripka itu menjelaskan mulai ikut lomba kicau burung sejak 2006, atau 16 tahun silam.

Namun sebenarnya ia sudah memelihara burung sejak duduk di bangku sekolah dasar. "Tapi setelah ada lomba saya penasaran, awalnya juga kalah," kata dia.

"Dulu sering lomba latihan kan butuh proses, dulu baru sekitar tiga tahun baru bisa menjadi juara, karena mungkin harus belajar dulu," imbuh dia.

Piala pertama pada 2009

Polisi yang bertugas di satuan lalu lintas (satlantas) Polres Blora, Polda Jawa Tengah tersebut membutuhkan waktu tiga tahun untuk mendapatkan piala pertamanya dalam ajang burung kicau.

"Mulai dapat piala tahun 2009. Paling bergengsi piala panglima, piala kapolri, terus PBI (pelestari burung Indonesia) cabang se-Indonesia. Ini tingkatan lokal dan nasional," ujar dia.

Demi mengikuti lomba burung, Puguh sempat berpikiran untuk membeli burung-burung yang sudah pernah mendapatkan juara. Namun, ternyata pemikirannya tersebut tidaklah tepat.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved