Berita Politik Hari Ini

Sambut Pemilu 2024, Partai Ummat DIY Kerahkan Emak-emak Jadi Mesin Pemenangan

Permata Ummat dinilai bisa menjadi jagoan untuk mendongkrak perolehan suara di kalangan perempuan.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Prosesi pengukuhan pengurus Permata Ummat tingkat kabupaten-kota se-DIY, di Sekretariat Partai Ummat DIY, Kota Yogya, Minggu (19/6/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Ummat rupanya menyadari betapa besar pengaruh perempuan dalam setiap kontestasi politik.

Oleh sebab itu, kalangan emak-emak pun dikerahkannya, menjadi bagian mesin pemenangan jelang Pemilu 2024.

Upaya tersebut ditunjukkan dengan pengukuhan pengurus organisasi sayap bagi kalangan perempuan, yakni Permata Ummat di tingkat kabupaten dan kota se-DIY, serta Garda Ummat , yang menyasar pemuda-pemudi, atau milenial.

"Insyaallah, ini menjadi energi bagi kami, karena kekuatan yang bergerak makin banyak. Terutama, dari teman-teman sayap partai," ungkap Ketua DPW Partai Ummat DIY , Dwi Kuswantoro, usai pengukuhan, Minggu (19/6/2022) siang.

Baca juga: Jelang Pendaftaran Parpol, Partai Ummat DIY Telah Menghimpun 5 Ribu Anggota

Secara khusus, ia pun menyoroti peran emak-emak, dalam langkah pemenangan Partai Ummat di Pemilu 2024 nanti.

Menurutnya, Permata Ummat bisa menjadi jagoan untuk mendongkrak perolehan suara di kalangan perempuan.

"Jadi, ibu-ibu ini sangat penting dalam kekuatan partai, ya, karena mereka memiliki pendekatan khusus, pada sesama perempuan, dalam kontestasi apapun itu," ungkapnya.

"Maka, dengan ibu-ibu ini bergerak, kami semakin yakin, untuk menyongsong kemenangan di 2024, di seluruh level, kursi-kursi legislatif bisa terisi kader kami," tambah Dwi.

Ketua DPW Permata Ummat DIY , Siti Muslihatun, meyakini, anggotanya bisa menjadi mesin politik bagi partai besutan politikus senior Amien Rais tersebut.

Bukan tanpa alasan, sejauh ini, perempuan menyumbang keanggotaan yang cukup besar dalam KTA yang telah dikumpulkan partai.

"Secara pasti, saya belun pegang (datanya). Tapi, perkiraan kami, perempuan menyumbang lebih dari 40 persen, dari total KTA yang sudah dikumpulkan partai," tambah Siti.

Baca juga: Sowan ke PP Muhammadiyah, Partai Ummat Dapat Wejangan Soal Persatuan dan Kesatuan Umat

Selain rutin menggelar kegiatan-kegiatan sosial, Permata Ummat pun memberikan sosialisasi dan pelatihan politik pada seluruh anggotanya.

Dengan harapan, mereka bisa tergerak, serta berkeinginan maju jadi calon legislatif.

"Target kami, keterwakilan perempuan di daftar caleg bisa di atas 30 persen. Minat sudah tampak itu, beberapa, meski harus diakui, banyak ibu-ibu yang senang berkegiatan di partai, tapi ngga minat jadi calon legislatif," ungkapnya.

"Makanya, ini pelan-pelan disosialisasikan, kita berikan pelatihan politik. Jadi, nanti, ketika partai membutuhkan, Permata siap menyetorkan kadernya," imbuh Siti. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved