Berita Bisnis Terkini

Percepat Pengembangan Ekosistem Digital Nasional, Hub.Id Gelar Roadshow di Yogyakarta

Hub.Id merupakan program yang memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerjasama bisnis, dan investasi bagi startup digital.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Roadshow accelerator program bertema Start-up Trends in 2022 & Landscaping on How Indonesian Digital Starts-up Can Cope with the Trend di Yogyakarta, Jumat (17/6/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Mengusung misi untuk mempercepat pengembangan ekosistem digital nasional yang konkret,  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui program Hub.id Accelerator 2022 menggelar roadshow di Yogyakarta , Jumat (17/6/2022).

Sebagai informasi, Hub.Id merupakan program yang memiliki fokus untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi, kerjasama bisnis, dan investasi bagi startup digital melalui peningkatan jumlah business matchmaking dengan pemerintah, BUMN, korporasi swasta, dan investor.

Sejak dilaksanakan tahun 2021, Hub.ID sudah melibatkan 43 startup digital dan 47 partner dari koperasi dan BUMN termasuk Pemerintah.

Melalui program tahun lalu, Kemkominfo telah berhasil menjalankan 100 peluang kerjasama bisnis baru dan menghasilkan 30 kerjasama bisnis baru dan 2 investasi baru.

Baca juga: Bank Mandiri Area Yogyakarta Serahkan Hadiah Livin To The Max!

Startup digital yang dicari untuk mengikuti HUB.ID Accelerator adalah yang memiliki fokus bisnis pada sektor Financial Services, B2B & Enterprise Solution, Logistic/Supply Chain, SME Enabler, dan Agri & Aquaculture.

Adapun pada roadshow di Yogyakarta yang mengusung tema "Start-up Trends in 2022 & Landscaping on How Indonesian Digital Starts-up Can Cope with the Trend", diikuti puluhan pegiat start-up.

Ketua Tim Business Matchmaking Ditjen Aptika, Luat Sihombing berharap, Hub.Id dapat menjadi ekosistem bertemunya startup digital dengan mitra bisnis dan investor dan membantu menguatkan bisnis startup digital menjadi berkesinambungan melalui berbagai rangkaian pertemuan bisnis dengan seluruh jejaring (network).

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya semaksimal mungkin akan membantu startup bertemu dengan mitra pemerintah, termasuk membukakan pintu yang tepat untuk startup.

“2021 ada 43 startup yang bergabung dari tujuh sektor. Kami menggelar 132 pertemuan bisnis dengan 16 pertemuan yang ditindaklanjuti. Menggali potensi terbaik untuk kerjasama dan kolaborasi. Harapan kami tahun ini, akan muncul startup menarik dari Yogyakarta, yang bisa kita angkat lebih tinggi,” kata Luat Sihombing.

Adapun registrasi program Hub.Id Accelerator 2022 sendiri telah resmi dibuka pada 11 Juni 2022 melalui laman https://hub.id, dan ditutup pada 10 Juli 2022 mendatang. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved