Rata-Rata Lama Sekolah di Purworejo Sudah di Atas Jawa Tengah

Menurut data terakhir, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Purworejo telah mencapai 8,21 tahun atau sekitar kelas 2 SMP.

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Kegiatan forum komunikasi dengar aspirasi publik Kabupaten Purworejo 

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Purworejo mengalami peningkatan dalam lima tahun terakhir.

Menurut data terakhir, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kabupaten Purworejo telah mencapai 8,21 tahun atau sekitar kelas 2 SMP.

Angka tersebut masih di atas rata-rata sekolah di Jawa Tengah yang berada di angka 7,69 tahun.

Meski sudah berada di atas angka rata-rata provinsi, Pemkab Purworejo bertekad untuk terus meningkatkan angka rata-rata lama sekolah.

Hal itu dikatakan oleh Sekda Drs Said Romadhon pada kegiatan Critical Voice Point (CVP) edisi Juni 2022 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (15/6/2022).

CVP yang mengusung tema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini dihadiri Forkopimda, Asisten Sekda, Kepala PD, Kabag Setda, Camat, jajaran Dinas Pendidikan Korwil Dikcam se Kabupaten Purworejo serta peserta yang hadir secara online.

Said menambahkan, kemajuan suatu bangsa tidak ditentukan oleh sumber daya alam (SDA) tetapi lebih ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM).

SDM paling cepat dihasilkan melalui pendidikan, oleh karena itu pendidikan adalah hal yang strategis.

Pada kesempatan itu, Said juga mengungkapkan jika angka buta huruf di Purworejo juga masih tinggi.

Buta huruf dalam hal ini adalah anak usia 10 tahun yang belum bisa baca tulis masih tinggi dan menyebar di seluruh kecamatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved