Partisipasi Difabel di Kota Yogyakarta dalam Pemilu 2019 di Angka 53,3 Persen

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Yogyakarta mencatat baru sekitar 53,3 persen dari kalangan difabel yang menggunakan hak pilihnya

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TribunJakarta.com/Y Gustaman
ilustrasi disabilitas 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Yogyakarta mencatat baru sekitar 53,3 persen dari kalangan difabel yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 lalu.

Otomatis, target peningkatan diusung dalam pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

Kepal Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Kota Yogyakarta , Frenky Argitawan Mahendra, mengatakan, saat ini pihaknya masih memproses data pemilih untuk Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Dalam data tersebut, termasuk daftar pemilih difabel .

Baca juga: Gandeng Jepang Kembangkan Aerotropolis, Sri Sultan HB X Tidak Mau Ada Daerah Kumuh di Sekitar YIA

"Kita masih menunggu penurunan data sanding DP4 dari Kemendagri. Tapi, data disabilitas kita terakhir, di Pemilu 2019 sebanyak 1.697 pemilih, dengan tingkat partisipasi 53,3 persen," tandasnya, Kamis (16/6/2022).

Pihaknya pun terus berupaya, agar tingkat partisipasi dari para penyandang disbilitas di Kota Yogyakarta bisa makin ditingkatkan.

Terlebih, pada 2024 mendatang, bakal digelar pula Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ), untuk memilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta definitif.

Baca juga: Damkarmat Kota Yogyakarta Gelar Simulasi Kebakaran di Hotel Novotel Malioboro 

"Maret kemarin kita melakukan perjanjian kerja sama dengan Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Sunan Kalijaga. Kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada para pemilih, serta pegiat difabel di Kota Yogyakarta ," cetusnya.

"Tentu, harapan kami tingkat partisipasi dari teman-teman difabel nanti bisa meningkat. Sehingga, persentasenya mampu melampaui Pemilu 2019," imbuh Frenky. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved