Rubrik Otomotif Gaspol 52: Mercedes Benz W124 300E, 'Lis Becak' Menolak Tua

Mobil berusia 35 tahun yang identik dengan 'lis becak' nya ini tetap tampil memikat lantaran Dani, sapaan akrab Surya Lesmana Herwandaru, menyematkan

TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo
Mercedes Benz W124 300E milik Surya Lesmana Herwandaru. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kendati tergolong mobil yang tak lagi muda, namun Mercedes Benz W124-300E lansiran 1987 koleksi Surya Lesmana Herwandaru ini menolak tua.

Mobil berusia 35 tahun yang identik dengan 'lis becak' nya ini tetap tampil memikat lantaran Dani, sapaan akrab Surya Lesmana Herwandaru, menyematkan upgrade tuning Aufrecht dan Melcher, Großaspach alias AMG pada mobil klangenannya ini.

Sekadar informasi, tuner atau rumah modifikasi adalah perusahaan yang mengkhususkan diri untuk memodifikasi dan menjual mobil hasil modifikasinya. Para tuner ini biasanya bekerjasama dengan beberapa produsen ataupun menjadi divisi khusus tersendiri, satu di antaranya ialah AMG.

Secara karakteristik, AMG memiliki tampilan yang lebih agresif, performance yang lebih tinggi, handling yang lebih baik, lebih stabil dan menggunakan material carbon fibre yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil Mercedes-Benz pada umumnya.

Baca juga: PLN Manfaatkan FABA PLTU Ropa untuk Bedah Rumah Prajurit TNI KODIM 1603 Sikka

Model-model AMG juga biasanya merupakan varian kelas mobil Mercedes-Benz yang paling mahal dan performanya paling bagus. AMG awalnya mendesain dan mengetes mesin-mesin untuk mobil balap. AMG kemudian mengembangkan bisnisnya dengan merakit custom road car berbasis standar mobil Mercedes-Benz.

Adapun untuk sebutan 'lis becak', lantaran Mercedes Benz W124 300E ini masih menggunakan lis karet di bagian samping.

"Saya membeli mobil ini sekira 6 tahun lalu dalam kondisi yang menurut saya kurang bagus. Alasan saya memutuskan membeli Mercedes Benz W124 300E dengan transmisi automatic ini pertama dibekali mesin ber-cc besar yakni 3, transmisinya enak, suspensinya juga tidak diragukan lagi," ujar Dani kepada Gaspol 52 Tribun Jogja.

"Untuk konsep restorasi, saya memilih AMG style," jelas dia.

Mercedes Benz W124 300E milik Surya Lesmana Herwandaru.
Mercedes Benz W124 300E milik Surya Lesmana Herwandaru. (TRIBUNJOGJA.COM/ Hanif Suryo)

Benar saja, Mercedes Benz W124 300E ini dipenuhi dengan part berlabel AMG mulai dari sepaket body kit bumper depan, belakang dan side skirt. Selain itu, ubahan paling kentara yang dilakukan oleh Dani ialah menyematkan moonroof pada bagian atap mobilnya.

"Proses restorasi memakan waktu kurang lebih 4 tahunan. Apalagi mencari part-partnya juga bukan hal yang mudah. Kalau sektor mesin masih saya pertahankan orisinilnya, hanya porting polish head (silinder)," ujar Dani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved